Jumat, 29 Maret, 2024

Rayakan Ultah ke-4, NasDem Targetkan 100 Kursi di DPR

MONITOR, Jakarta – Fraksi Partai NasDem merayakan “ulang tahun” atas eksistensinya di tengah kompleks parlemen. Proporsinya sebagai rasa syukur atas keberadaannya dan kiprahnya yang tetap konsisten untuk rakyat.

Untuk mensyukurinya, Fraksi Partai NasDem DPR RI menyelenggarakan perhelatan nasional yang melibatkan seluruh komponen anggota legislatif (Pusat dan daerah).

“Ultah Fraksi Partai NasDem DPR RI keempat ini memang beda,” ujar Ketua Panitia Pelaksana HUT Fraksi NasDem, Amelia Anggraini, anggota Komisi IX DPR RI.

Titik perbedaannya, kata Amelia yang juga anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, terletak pada “irama” politik kenegaraan, yakni pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) yang kini bersamaan dengan acara pemilihan presiden-wakil presiden.

- Advertisement -

Fraksi Partai NasDem sebagai representasi partai, mulai dari DPP hingga cabang bahkan ranting punya kewajiban moral dan struktural bagaimana harus merespon sistem pelaksaaan pemilu itu. Di satu sisi, sesuai amanat pimpinan partai saat acara konsolidasi nasional di Surabaya pada 22 – 23 Maret 2017 bahwa Partai NasDem minimal harus mencapai 100 kursi DPR RI.

Amelia mengatakan, ada lompatan besar dari kursi saat ini, yakni 36. Hal ini juga berarti adanya himbauan bahkan instruksi tidak langsung bahwa NasDem di level daerah (provinsi, kabupaten/kota) juga haruslah meningkat tajam capaian kursi atau suaranya.

“Tentu, itu bukanlah pekerjaan ringan”, ujar Amelia sembari menambahkan bahwa sebagai kader tak punya opsi lain kecuali harus maju dan maju dengan penuh dedikasi.

Lanjut Amelia, dengan pilpres bersamaan menambah volume kerja yang makin besar dan tentu berat. Sebagai konsekuensi partai koalisi Pemerintah, NasDem harus ikut mensukseskan pasangan Jokowi-Ma`ruf Amin yang kini siap berkompetisi pada pemilu April 2019 nanti.

“Sekali lagi, NasDem saat ini diperhadapkan tugas tidak ringan. Ada satu paket yang tak terpisahkan. Ada konsekuensi individu dan atau partai. Juga, konsekuensi kesepakatan politik koalisi,” ujarnya.

“Apapun kondisinya, para kader NasDem tak boleh surut tekadnya hanya karena medan yang dihadapi dinilai berat. Justru, medan berat ini dijadikan tantangan yang harus dijawab dengan penuh vitalitas dan semangat yang terus menyala. Dan melalui perhelatan HUT Fraksi NasDem DPR RI ini, forum ini dijadikan landasan untuk membangun soliditas, spirit kejuangan untuk menyongsong cita-cita ke depan: menang besar, menuju tiga besar, sekaligus berkontribusi besar juga untuk pasangan Jokowi-Ma`ruf,” tegas Amelia sembari menggambarkan bahwa perhelatan HUT Fraksi NasDem kali ini juga akan disajikan sejumlah format pembekalan yang menunjang daya gerak kader di lapangan nanti.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER