Bima Sakti Dihujani Kritik, Andritany Dimainkan Lagi Kontra Filipina

1016
Penjaga gawang Tim Nasional Indonesia, Andritany Ardhiyasa

MONITOR, Jakarta – Setelah mendapat kritikan dari para pecinta sepakbola tanah air karena memainkan Awan Setho Raharjo sebagai penjaga gawang saat bertanding melawan Thailand di ajang Piala AFF pada Sabtu 17 November lalu, Pelatih tim nasional sepak bola Indonesia Bima Sakti mengatakan, penjaga gawangnya Andritany Ardhiyasa akan bermain kontra Filipina di laga terakhir atau keempatnya di Grup B Piala AFF 2018 akhir pekan ini.

“Andritany tampil sangat bagus di latihan dan dia siap untuk laga hari Minggu,” ujar Bima usai memimpin latihan timnya di lapangan sepak bola A Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 20 November 2018. Jika memang diturunkan, Andritany akan mencatatkan penampilan ketiganya di Piala AFF 2018. Sebelumnya, kiper klub Persija Jakarta ini berlaga di pertandingan Grup B kontra Singapura dan Timor Leste. Pada dua laga itu, Indonesia kalah 1-0 dari Singapura dan menang 3-1 dari Timor Leste.

Namun di partai ketiga menghadapi Thailand, dia dicadangkan oleh Bima Sakti. Saat itu, Bima memilih menurunkan kiper berusia 21 tahun Awan Setho Raharjo dan Indonesia takluk dengan skor 4-2. Penampilan Awan saat menghadapi Thailand mendapat kritikan dari masyarakat karena dia dianggap melakukan beberapa kesalahan yang berujung pada terciptanya gol-gol Thailand.

Pada latihan perdana timnas Indonesia pasca kembali dari Thailand, Selasa 20 November, Andritany tampak tampil prima di depan gawang. Kiper berusia 26 tahun itu menggagalkan beberapa peluang rekan-rekannya. Dia pun menepis setidak-tidaknya dua tendangan penalti ketika Bima memberikan menu sepakan 12 pas.

Penampilan Andritany di Piala AFF 2018 tidak bisa dikatakan buruk. Meski kalah 0-1 dari Singapura, performanya mendapatkan pujian dari pelatih lawan, Fandi Ahmad. Andritany berhasil menepis dua bola hasil tendangan jarak dekat, sekitar lima meter, pemain Singapura. “Kalau tidak karena dia, kami mungkin bisa membuat satu atau dua gol lagi,” tutur Fandi usai laga tersebut.

Indonesia akan menghadapi Filipina dalam laga terakhirnya di Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Minggu 25 November. Namun, kemenangan dari Filipina tidak serta merta meloloskan Indonesia ke semifinal. Nasib Indonesia ditentukan beberapa faktor seperti hasil laga Filipina kontra Thailand pada Rabu 21 November.

Jika laga itu berakhir seri, poin Filipina dan Thailand di klasemen grup B Piala AFF menjad itujuh dan itu tidak akan terkejar oleh timnas Indonesia yang poin maksimalnya enam.