Jumat, 19 April, 2024

Dorong Pencak Silat masuk Olimpiade, Menpora ajak manfaatkan Media Sosial

MONITOR, Jakarta – Kejuaraan Pencak Silat Piala Menpora 2018 resmi dibuka Menpora Imam Nahrawi di Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas, Jakarta Timur, Jakara, Kamis (15/11) siang.

Pencak Silat menurut Menpora akan terus diusahakan menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade. Imam menegaskan bahwa pemerintah akan terus mendukung dan mensupport bersama PB IPSI dan seluruh stakeholder terkait khususnya para ketua perguruan Pencak Silat dan atlet melalui sosial medianya guna mempromosikan Pencak Silat menuju olimpiade.

“Kejuaraan ini bukan hanya semata-mata untuk pertandingan melainkan menggabungkan semangat dan niat yang sama bahwa Pencak Silat tidak hanya harus besar di Indonesia dan Asia tetapi harus besar di dunia yang akan terus dipelajari oleh seluruh masyarakat dunia,” ujarnya bersama peraih emas Pencak Silat Asian Games 2018 Yola Primadona, Aji Bangkit dan Puspa Arumsari.

Seluruh program dan kegiatan Kemenpora baik kepemudaan dan keolahragaan tahun 2019-2020 lanjutnya, akan difokuskan khususnya kegiatan luar negeri untuk membawa misi Pencak Silat road to Olimpiade. “Manfaatkan sosial media dengan sebaik mungkin untuk menyebarluaskan sistem yang ada di Pencak Silat menuju cabang olahraga yang dapat dipertandingkan di olimpiade,” tambahnya.

- Advertisement -

Menpora tidak hanya terus menunggu ia terus berusaha dengan menggaet beberapa sponsor untuk melancarkan niat membawa Pencak Silat road to olimpiade. “Saya juga mengajak para sponsor, BUMN, dunia usaha karena Pencak Silat telah menjadi misi Indonesia menuju dunia jangan biarkan pemerintah melangkah dan berjuang sendiri bantulah kami jadikan Pencak Silat industri baru,” lanjutnya.

Kejuaraan tingkat nasional ini adalah kejuaraan yang menggabungkan kejuaraan yang bersifat prestasi pada usia remaja dewasa dan pemasalan bagi pesilat-pesilat muda yang baru mengenal Pencak Silat di tingkat SD dan SMP.

Kejuaraan yang terselenggara atas kerjasama Sasana Terate Jaya, Persaudaraan Setia Hati Terate, Event Silat dan Kemenpora ini mempertandingkan antar perguruan pencak silat, diikuti 1.594 peserta dari 34 Perguruan Pencak Silat dan total keseluruhan tim sebanyak 353 tim. 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER