Jokowi Ajak Anak Muda Teladani Semangat Buya Syafii Maarif

Presiden Joko Widodo menyambut hangat para peserta Kongres Indonesia Millenial Movement 2018

MONITOR, Bogor – Buya Syafii Maarif merupakan salah satu sosok yang dikagumi Presiden Joko Widodo. Hal itu diungkapkan Jokowi saat menyambut para peserta Kongres Indonesia Millenial Movement 2018 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (12/11).

Jokowi mengatakan, di usia Buya Syafii yang memasuki tahun ke-83, sosoknya tak pernah lelah memberikan semangat kepada dirinya serta para generasi bangsa.

“Terus memberikan masukan kepada saya, langsung datang ke Istana atau lewat telepon. Semangat beliau masih seperti milenial,” puji Jokowi di hadapan peserta kongres.

Semangat millennial Buya Syafifi Maarif, dikatakan Jokowi, akan muncul apalagi kalau berbicara masalah persatuan, masalah persaudaraan, dan bicara mengenai kemajuan Indonesia, memajukan Indonesia. Karena disadari, tantangan ke depan semakin berat, apalagi dengan kondisi negara kita yang memang berbeda-beda, berwarna-warni.

Revolusi Industri 4.0, diakui Jokowi telah membuat perubahan dunia berjalan sangat cepat sekali. Namun kecepatan perubahan ini, menurutnya, harus terus diwaspadai agar jangan sampai perubahan ini membawa kita ke dalam intoleransi, ke dalam ekstremisme yang sangat berlebihan.

Jokowi berharapkan dengan adanya pertemuan seperti yang diadakan oleh Maarif Institute itu, semuanya bergerak bersama-sama untuk membawa negara ini ke dalam sebuah kemajuan, tetapi dengan cara-cara yang sejuk, cara-cara yang baik.

“Selalu saya sampaikan marilah kita hijrah dari ujaran kebencian ke ujaran kebenaran. Hijrah dari pesimisme ke optimisme. Hijrah dari pola-pola konsumtif ke pola-pola yang produktif. Hijrah dari kegaduhan-kegaduhan ke persatuan dan kerukunan. Karena itulah yang dibutuhkan,” tutur Jokowi.