Sabtu, 27 April, 2024

Hari Ketiga TEI 2018, Kemendag Cetak Transaksi USD 60,03 Juta

MONITOR, Tangerang – Program misi pembelian di hari ketiga Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 membukukan transaksi sebesar USD 60,03 juta. Misi pembelian ini ditandai dengan penandatanganan sebanyak sembilan nota kesepahaman (MoU) yang disaksikan langsung oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Arlinda  yang berlangsung hari ini, Jumat (26/10) di International Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten.

“Pada program misi pembelian di hari ketiga ditandatangani sebanyak sembilan MoU antara importir negara mitra dagang dengan pelaku usaha/eksportir Indonesia dengan nilai total mencapai USD 60,03 juta,” kataArlinda.

Penandatanganan MoU, lanjut Arlinda, dilakukan dengan importir dari tujuh negara yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Irak, Nigeria, Zimbabwe, Taiwan, dan Yordania. Sementara produk yang diminati antara lain mi instan, margarin, kabel fiber optik, sayuran, batu bara, dan domba Garut.

Sementara itu, penandatanganan kontrak dagang di antaranya dengan importir Arab Saudi sebesar USD 20 juta, Irak sejumlah USD 3 juta, Zimbabwe senilai USD 2 juta, Yordania sebesar USD 1 juta, Uni Emirat Arab senilai USD 319 ribu, dan Nigeria senilai USD 12 ribu.

- Advertisement -

“Masih ada dua hari lagi pelaksanaan TEI 2018. Diharapkan nilai transaksi misi pembelian akan semakin meningkat,” imbuh Arlinda.

Sebelumnya, total MoU pada hari pertama sebanyak 44 MoU dengan nilai USD 4,96 Miliar. Pada hari kedua dilaksanakan 18 penandatangan MoU dengan nilai sebesar USD 131,17 juta. “Dengan demikian, total misi pembelian hingga hari ketiga tercatat sebesar USD 5,15 miliar,” pungkas Arlinda.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER