Ditinggal Anies ke Argentina, Saefullah jadi Gubernur Jakarta Sementara

1031
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Saefullah

MONITOR, Jakarta – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Saefullah akan diangkat menjadi Gubernur DKI Jakarta sementara. Ini lantaran, Anies Baswedan harus bertolak ke Argentina untuk mengikuti pertemuan Urban 20 Mayors Summit yang menjadi bagian dari pertemuan negara-negara besar yang tergabung dalam G20 di Buenos Aires.

Kabarnya, selama bertandang ke Argentina, Saefullah akan menggantikan peran Anis untuk menjabat Gubernur Jakarta selama 6 hari.

“Selama saya pergi ke Argentina semua tugas-tugas saya sebagai Gubernur Jakarta akan dihandle Pak Sekda,” ungkap Anies.

Kata Anies, dia bertolak ke Argentina pada Sabtu (27/10) dan kembali ke Jakarta pada Kamis (1/11). “Ini menjadi petemuan pemimpin kota-kota besar yang tergabung dalam G20,” ujar Anies.

Anies menjelaskan, selama dirinya berada di Argentina, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah akan menjadi Pelaksana Harian (Plh) Gubernur DKI Jakarta.

Sementara, Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri Setdaprov DKI Jakarta, Muhamad Mawardi menuturkan, dalam pertemuan tersebut Anies diagendakan menyampaikan pidato di hadapan pemimpin-pemimpin kota besar lain yang tergabung dalam G20.

“Pak Gubernur akan berbagi pengalaman dalam membangun kota melalui perkampungan-perkampungan agar tidak terjadi ketimpangan,” pungkasnya.