Laga hidup mati Timnas Indonesia U-19 lawan UEA di Piala AFC 2018

1005
Timnas Indonesia U-19 dia Piala AFC U 19 2018

MONITOR, Jakarta – Tim Nasional Indonesia U-19 akan melakoni laga penentuan melawan Uni Emirates Arab dalam laga lanjutan penyisihan grup A Piala AFC U-19 2018 yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (24/10) malam ini.

Pada pertandingan tersebut, kemenangan adalah harga mati bagi Garuda Muda jika ingin terus menapaki liga lebih jauh. Raihan tiga poin akan memuluskan langkah Indonesia melaju ke babak delapan besar. Untuk itu, Egy Maulana dan kawan-kawan harus fokus dan konsentrasi penuh menghadapii UEA yang di atas kertas lebih diunggulkan. Indonesia sendiri diuntungkan karena akan bermain di hadapan publiknya sendiri.

Sebagai informasi, pada laga terakhir kedua tim mendapat hasil berbeda. Indonesia harus mengakui keunggulan Qatar dalam pertandingan dramatis dengan skor 5-6. Sedangkan UEA membungkan Chinese Taipei dengan skor 8-1. Indonesia kini berada di posisi 3 klasemen grup A dibawah Qatar yang unggul head to head.

Mengutip dari Bolasports.com, ada beberapa situasi yang membuat Indonesia bisa lolos, yakni:

Jika Qatar tumbang dari Taiwan, Indonesia hanya perlu bermain imbang dengan UEA. Dengan hasil itu, urutan klasemen adalah UEA (7 poin), Indonesia (4), Taiwan (3), Qatar (3).

Jika Qatar dan Taiwan bermain seri, Indonesia harus meraih kemenangan karena hasil imbang akan membuat mereka kalah head to head dari Qatar. Andai hal tersebut terwujud, Indonesia (6 poin) memimpin klasemen, disusul UEA (6), Qatar (4), Taiwan (1).

Apabila Qatar menang, Indonesia harus meraih kemenangan. Dengan begitu UEA, Qatar, dan Indonesia sama-sama mengoleksi 6 poin.

Klasemen akan ditentukan selisih gol laga di antara ketiga tim saja, laga laga Taiwan diabaikan. Dua tim dengan agregat terbaik akan lolos ke perempat final. Usai laga kedua, selisih atau agregat gol ketiga tim tersebut antara lain UEA (2-1=+1 gol), Qatar (7-7=0), Indonesia (5-6=-1).

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri, menyatakan seluruh pemainnya telah siap untuk melakoni laga melawan UEA. Ia pun optimistis anak asuhnya mambu bangkit dari kekalahan dan timnya besok meraih kemenangan.

“Untuk melawan Uni Emirat Arab, kami sudah perbaiki kekurangan kita terutama barisan pertahanan. Kami harap pemain fokus, disiplin dan punya mental yang kuat melawan UEA,” kata Indra Sjafri.

” Pada latihan kami juga antisipasi apa saja yang UEA lakukan pada pertandingan nanti. Mungkin saja mereka bermain dengan lebih menunggu dan kami sudah lakukan itu tadi bagaimana membongkar compact defense bila dilakukan UEA,” ungkapnya.