Minggu, 19 Mei, 2024

Komponen Masyarakat Dan Instansi Pemerintah Bersatu Sukseskan TMMD

MONITOR, Sleman – Pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-103 Kodim 0732 Sleman yang berlangsung di Dusun Temuwuh Kidul, Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, hingga hari Selasa (23/10/18) sudah berlangsung selama Delapan hari.

Dalam TMMD yang merupakan program lintas sektoral ini, dalam pelaksanaannya dibentuk Satuan Tugas yang melibatkan instansi lintas sektor, baik dari unsur TNI, Polri, Pemda dan komponen masyarakat. Sasaran kegiatan TMMD meliputi sasaran fisik dan non fisik, serta melibatkan stakeholder sesuai dengan peran dan tupoksinya.

Saat ditemui di lokasi kegiatan, Komandan SSK TMMD Kapten Inf Widada, menuturkan, sasaran kegiatan fisik diantaranya, pembuatan talut jalan sepanjang 1000 meter, pos kamling dan RTLH 7 buah rumah yang berada di Dusun Temuwuh Kidul Rt.03 Rw.31, Desa Balecatur, Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman, Tidak itu saja, lanjutnya, pelibatan stakeholder juga pada kegiatan fisik lainnya, seperti renovasi Masjid Al-Ikhlas, pembuatan 15 unit jamban keluarga dan pembangunan TPA.

Pada sasaran non fisik, pelibatan stakeholder sangat signifikan, seperti penyuluhan Kamtibmas, Wawasan Kebangsaan, pelatihan keterampilan dan sejumlah penyuluhan lainnya, yang melibatkan Kepolisian, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov DIY maupun Pemkab Sleman, serta BNN Kabupaten Sleman.

- Advertisement -

Terpisah, Pasiter Kodim 0732 Kapten Inf Nugroho.AT mengungkapkan, Satgas TMMD ini merupakan gabungan dari SSK TMMD, Polri, Pemda dan Ormas. Dan SSK TMMD itu sendiri meliputi SST Kodim 0732/Sleman, SST Yonif 403/WP, SST TNI AU dan Tim dari Zipur Kodam IV/Dip dalam kegiatan sehari-hari dibantu warga masyarakat setempat, tandasnya.

TNI, Polri, Pemda dan Komponen Masyarakat harus berkolaborasi, berkoordinasi, berkomunikasi dan bersinergi dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan TMMD guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. “Sinergitas TNI, Polri, Pemda dan komponen masyarakat ini harus terus terbangun, dengan senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat melalui aksi nyata, bersinergi guna membangun negeri”, pungkas Pasiter.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER