Jokowi: Mobil Esemka Bukan Urusan Kita Lagi

1014
Presiden Jokowi tertawa saat melihat nama cawapres yang disodorkan enam ketum parpol pendukungnya

MONITOR, Jakarta – Mobil Esemka yang sempat dipromosikan oleh Joko Widodo (Jokowi) saat menjabat wali kota Solo kini muncul lagi menjelang Pilpres 2019.

Namun, mobil yang melambungkan nama politisi PDI-P menjadi gubernur DKI Jakarta hingga Presiden itu, sampai saat ini belum jelas apakah jadi diproduksi massal untuk kemudian dikomersialkan atau tidak.

Menurut Jokowi Esemka dahulu adalah produk uji coba, prototype dari siswa SMK dibantu teknis perusahaan besar. “Kemudian, jadi mobil Esemka. Ya kan bagus. Saya saat itu (saat menjadi Walikota Surakarta) hanya mendorong agar mobil itu segera bisa diujui emisi,” kata dia usai membuka Trade Expo Indonesia, Rabu 24 Oktober 2018.

Setelah itu, Jokowi mengatakan nasib mobil Esemka kini berada di tangan industri. “Setelah jadi, ya diserahkan kepada industri. Bukan urusan kita lagi. Masa Presiden bikin produk sendiri. Itu urusan orang industri,” ujarnya. Dia menegaskan sudah tidak ada lagi urusan pemerintah di Esemka, karena sudah dikerjakan penuh swasta.

Padahal waktu menjabat sebagai wali kota Solo, Jokowi mendukung agar mobil itu lolos uji emisi dan tes laik jalan. Dia mengatakan, tetap mendukung keberlanjutan produksi mobil Esemka.

Ia berjanji akan hadir untuk meresmikan andai pihak industri benar-benar merealisasikannya. “Kalau itu jadi, saya pasti datang dan akan saya buka karena itu jelas brand dan principal Indonesia,” kata dia.