Prabowo Menanti Kepulangan Habib Rizieq

1034
Imam besar FPI Habib Rizieq

MONITOR, Jakarta – Calon Presiden Prabowo Subianto menaruh harapan besar agar eks pemimpin FPI, Habib Rizieq, segera kembali ke Indonesia. Bahkan, Prabowo mengatakan dirinya akan menjemput langsung ke Arab Saudi jika Rizieq tidak kembali.

“Kalau bisa, Habib Rizieq sebelum saya terpilih bisa kembali. Kalau tidak, saya yang akan jemput beliau,” kata Prabowo saat menghadiri Hari Santri Nasional sekaligus milad Front Santri Indonesia ke-1 yang digelar FPI di Bogor, Jawa Barat, Senin (22/10) malam.

Pernyataan Prabowo pun menuai sindiran dari parpol pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin. Seperti Politikus PPP Ahmad Baidowi, yang menilai pemulangan Habib Rizieq sebagai manuver Prabowo untuk mengkapitalisasi demi meraup kekuasaan.

“Kami melihatnya manuver Prabowo ini mengkapitalisasi soal Habib Rizieq Syihab untuk kekuasaan belaka,” ujar Wasekjen PPP Ahmad Baidowi kepada wartawan, Selasa (23/10).

Hal lain diungkapkan Waketum Gerindra Fadli Zon. Ia menegaskan wacana penjemputan imam besar FPI itu bukan terkait Pilpres 2019, ataupun persoalan menaikkan elektabilitas Prabowo.

“Ini bukan persoalan elektabilitas. Ini persoalan hak warga negara untuk berada di negaranya,” kata Fadli.

Wakil Ketua DPR ini menegaskan, wacana penjemputan itu murni persoalan hak warga negara. Sebab, kata Fadli, Habib Rizieq adalah ulama besar dan menjadi imam besar di kalangan habaib dan ulama.

“Tentu saja ada juga yang tidak menganggap seperti itu saya kira itu biasa dan wajar saja,” tambah Fadli.