Legenda Abadi Sepakbola itu bernama Pele

1046
Pele saat berkostum Tim Nasional Brasil (net)

MONITOR – Tak ada sepakbola tanpa Pele. Ya, nama itu begitu lekat bagi insan si kulit bundar di seluruh dunia. Pele yang lahir dengan nama lengkap Edson Arantes do Nascimento adalah legenda Sepakbola dunia asal Brasil. Ia lahir pada 23 Oktober 1940 di Três Corações, Minas Gerais, Brasil.

Selama karirnya, Pele adalah O Rei atau Sang Raja yang telah menorehkan segudang prestasi bersama negaranya. Tercatat, ia berhasil membawa tim samba menjadi Juara Dunia Sepak bola sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1958 di Swedia, tahun 1962 di Chille, dan tahun 1970 di Meksiko.

Pele memamerkan tiga tropi piala dunia yang pernah diraihnya (net)

Karier pertama Pelé Bersama Brasil dimulai pada 7 Juli 1957 saat Brasil kalah oleh Argentina 2-1. Namun pertandingan tersebut menjadi momen indah Pelé dimana ia mencetak salah satu gol dalam pertandingan itu pada usia 16 tahun 9 bulan, sebuah rekor untuk pemain termuda yang pernah tampil untuk Brasil.

Di Piala dunia 1958, Pele pertama kali tampil Bersama Brasil saatmelawan Uni Soviet. Ia adalah pemain termuda dalam turnamen itu. Pele mencetak gol pertama untuk Brasil ketika melawan Wales untuk kemudian melaju ke babak semi-final melawan Perancis. Dalam pertandingan semi-final melawan tim ayam jantan itu, ia mencetak tiga gol sekaligus alias hattrick. Puncaknya, pada partai final melawan tuan rumah Swedia,Pele yang saat itu berusia 17 tahun 249 hari juga mencetak dua gol untuk kemudian membawa negaranya merengkuh gelar juara piala dunia.

Gol Indah Pele di Piala Dunia 1976. (foto : Seatteltimes.com)

Selama berkostum Seleção, Pelé tampil sebanyak 92 kali dengan mencetak 77 gol (rekor gol terbanyak untuk Brasil sampai saat ini).