Rabu, 27 Oktober, 2021

Pertandingan Perdana Piala Asia, Timnas U-19 Menang Telak Atas Taiwan 3-1

MONITOR, Jakarta – Tim nasional Indonesia berhasil mengalahkan Taiwan 3-1 pada laga perdana Piala Asia U-19 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis 18 Oktober malam.

Gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke-50 dan dua gol dari Witan Sulaiman pada menit ke-70 dan ke-89. Adapun gol Taiwan dicetak oleh Wang Chung-Yu pada menit ke-53.

Pada pertandingan tersebut, para pemain Indonesia sebenarnya bisa menguasai jalannya pertandingan sejak babak pertama. Saat laga baru berlangsung dua menit, bek Indonesia Asnawi Mangkualam sempat melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti lawan. Sayang, tendangan kerasnya masih melebar di sisi kiri gawang Li Guan Pei.

Serangan yang dibangun pun beberapa kali dipatahkan para pemain belakang Taiwan. Para pemain Indonesia pun beberapa kali terperangkap offside. Garuda Nusantara kembali menciptakan peluang pada menit ke-20, saat Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah melepaskan tendangan jarak jauh. Namun, tendangannya masih bisa ditepis Li.

- Advertisement -

Sepanjang babak pertama, para pemain Indonesia tercatat melepaskan sembilan tembakan, dua di antaranya mengarah tepat ke gawang Taiwan. Namun sayang, tak ada yang membuahkan gol hingga turun minum. Sementara itu, Taiwan tercatat hanya mampu melepaskan dua tembakan tanpa ada satu pun yang membahayakan gawang Muhamad Riyandi.

Mengawali babak kedua, Egy sempat mengancam gawang Taiwan pada menit ke-47. Namun, tendangan kaki kirinya masih bisa ditepis Li. Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tercipta pada menit ke-50. Berawal dari umpan Witan yang tak mampu diantisipasi dengan baik oleh bek lawan, Egy berhasil menguasai bola dan melepaskan tendangan yang menembus gawang lawan.

Namun sayang, keunggulan itu tak bertahan lama setelah Taiwan berhasil menyamakan kedudukan tiga menit kemudian. Berawal dari serangan yang dibangun dari sisi kanan, Huang Jyun-Wun melepaskan umpan silang langsung ke depan gawang Indonesia yang berhasil diselesaikan dengan baik oleh Wang Chung-Yu.

Gol itu melecut semangat anak asuh Indra Sjafri untuk berupaya kembali unggul. Setelah melalui berbagai upaya, gol Indonesia kembali tercipta pada menit ke-70. Berawal dari umpan sayap kiri, Witan menyundul bola mentah hasil tepisan Li yang gagal dihalau barisan pemain bertahan Taiwan. Indonesia pun kembali unggul 2-1.

Setelah itu, para pemain Indonesia terus menggempur gawang Taiwan. Sampai akhirnya gol ketiga datang pada menit ke-89. Setelah berhasil mengacak-acak barisan pemain belakang lawan, Egy mengirim umpan ke Witan yang langsung melepaskan tendangan yang merobek jala gawang Taiwan. Skor 3-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Sepanjang laga, Indonesia mencatatkan penguasan bola mencapai 62 persen, dengan melepaskan 29 peluang, 10 diantaranya mengarah tepat ke gawang Taiwan. Adapun Taiwan hanya menciptakan 6 peluang dan hanya 2 yang membahayakan gawang Indonesia.

Indonesia dijadwalkan akan kembali bertanding pada Minggu (21/10/2018). Dalam laga yang akan kembali berlangsung di SUGBK itu, Indonesia akan meladeni Qatar yang pada laga sebelumnya takluk 1-2 dari Uni Emirat Arab.

Berikut susunan pemain Indonesia U-19 kontra Taiwan U-19 :

Indonesia: 1-Muhamad Riyandi; 3-Asnawi Mangkualam, 5-Nurhidayat (C), 11-Firza Andika, 13-Rachmat Irianto; 7-Muhammad Luthfi Baharsyah (Todd Rivaldo Ferre 73), 8-Witan Sulaeman (Hanis Putra 90+3), 15-Saddil Ramdani (Feby Putra 82), 17-Syahrian Abimanyu; 9-Muhammad Rafli Mursalim, 10-Egy Maulana Vikri. Pelatih: Indra Sjafri.

Taiwan: 1-Li Guan Pei; 2-Hou Pin I, 4-Fong Shao Chi (Wang Yi-You 65), 4-Kenneth Huang; 7-Lan Hao Yu, 8-Wu Yen Shu, 9-Huang Jyun Wun, 10-Will Donkin, 13-Chiu Po Jui, 19-Tu Shao Chieh; 11-Wang Chung Yu (Miguel Sandberg 67). Pelatih: Von Ca Nhum.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER