The Walt Disney, Kerajaan Khayalan Anak-anak

1031
The Walt Disney Company

MONITOR – Siapa tak kenal The Walt Disney Production? Perusahaan yang lebih dikenal Disney ini bergerak di bidang hiburan. Target pasar utama mereka tak lain adalah anak-anak. Mendengar nama Disney, semua kalangan langsung ingat beberapa nama suguhan film animasi kartun yang menampilkan kisah cukup apik dan menghibur.

Saking populernya, Disney pun merambah jangkauan di luar film, diantaranya taman bermain, tontonan musikal hingga konten video dari jaringan Disney. Jaringan yang dimiliki Disney pun cukup kuat, antara lain ABC Network, ESPN, Disney Channel World Wide yang ada di lebih dari 160 negara dengan ditunjang dengan lebih dari 30 bahasa.

Dilansir dari Wikipedia, perusahaan ini didirikan pada 16 Oktober tahun 1923 oleh Walt dan Roy Disney. Walt dikenal sebagai seorang produser film, sutradara, animator, hingga pengisi suara. Pria berkebangsaan Amerika Serikat ini memiliki pengaruh besar terhadap dunia hiburan pada abad ke-20.

Film pertama yang dirilis Walt Disney adalah Alice’s Day at Sea. Memasuki tahun 1928, Walt dan Roy menciptakan tokoh kartun Mickey Mouse yaitu seekor tikus. Pada tahun 1934, Disney kembali memperkenalkan tokoh kartun bernama Donald Bebek, Mini Mouse dan Gufi. Film kedua yang dirilis tahun itu ialah Snow White and the Seven Dwarfs, Pinocchio, dan Fantasia.

Pengaruh yang dibawa film animasi Disney pun cukup besar. Anak-anak gandrung menirukan gaya, tampilan dan karakter yang dibawakan tokoh-tokoh kartun. Misalnya, anak perempuan mengikuti karakter Putri salju Snow White yang cantik dan anggun, atau si cantik duyung Aries. Sementara anak laki-laki dengan mainan action figure seperti Buzz Lightyear dari Toys Story, Mobil, Mickey Mouse, Kostum Pirates of Carribean dan Hulk.

Kejayaan Disney sempat mengalami penurunan drastis, ketika saudara Disney, yakni Walt Disney meninggal pada tahun 1966 kemudian disusul Roy Disney meninggal pada tahun 1971. Pemasaran perusahaan pun mandeg.

Tahun 1967, didirikan pula Walt Disney World Resort. Namun pada tahun 1981, Stephen Hillenburg keluar dari perusahaan tersebut untuk memulai usahanya di MTV Networks. Pada tahun 1983, didirikan stasiun televisi pertama, Disney Channel dan ESPN (ESPN diluncurkan tahun 1979). Menyusul kemudian aset-aset baru, yakni Touchstone Films, Miramax, dan Hollywood Pictures.

Namun sesudah kesuksesan film Beauty and the Beast, Jeffrey Katzenberg keluar dari perusahaan tersebut untuk bergabung dengan DreamWorks. Pada tahun 1996, perusahaan tersebut memperoleh ABC. Disusul Toon Disney dan Playhouse Disney.

Pada tahun 2002, The Walt Disney Company membeli Saban Entertainment dan mengganti namanya menjadi BVS Entertainment. Pada tahun 2007, perusahaan ini menghentikan pemakaian nama Buena Vista, karena dianggap kurang cocok dengan perusahaan. Pada tahun 2009, Disney XD resmi diluncurkan.

Pada tanggal 31 Agustus 2009, perusahaan tersebut telah mengumumkan kesepakatan untuk memperoleh saham Marvel Entertainment dengan jumlah tunai sebesar $ 4 miliar. Penggabungan Marvel dengan Disney telah dilangsungkan pada tanggal 31 Desember 2009.

Pada tanggal 12 Mei 2010, Disney secara resmi mengembalikan hak kepemilikan lisensi Power Rangers kepada Haim Saban. Haim Saban nantinya akan menghasilkan musim-musim baru yang akan ditayangkan di Nickelodeon pada tahun 2011 sementara 700 episode sebelumnya akan ditayangkan lagi di Nicktoons Network.