Peran Aktif Polisi Ambil Bagian di Pembangunan Poskamling

MONITOR, Sleman – Poskamling adalah salah satu alat sarana dan prasarana keamanan serta ketertiban lingkungan sangat penting adanya. Untuk mewujudkan lingkungan yang aman dan nyaman maka perlu dibangun kembali pos system keamanan lingkungan atau Poskamling dan pos jaga di seluruh warga desa, sebagaimana disampaikan Komandan Satgas TMMD ke 103 tahun 2018 Letkol inf Diantoro S.IP kepada Pawas satgas TMMD Kapten Inf Widada beberapa waktu yang lalu diperintahkan untuk membangun Poskamling di Desa Balecatur Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman, dengan mewujudkan kerjasama Pembangunan Poskamling yang dikerjakan bersama-sama satu unit lagi sedang dikerjakan pemasangan batako, Sabtu (13/20/2018).

Dengan demikian lingkungan akan semakin aman dan terhindar dari kriminalitas Menindak lanjuti perintah Dansatgas TMMD Kodim 0732 Sleman Letkol inf Diantoro S.IP, Danramil 01/Cangkringan Kapten Inf Widada sbg pawas pembangunan poskamling , dan Tim Satgas TMMD utk pembangunan pos Kamling yaitu serka sumarno, serda joko beserta warga masyarakat Desa Balecatur bersama-sama mendirikan Poskamling dengan ukuran P x L = 3 x 3 dan Tinggi 3 meter.

Tujuan diadakannya poskamling adalah untuk terciptanya keamanan Dusun Temuwuh dengan peran serta warga masyarakat maka akan lebih mudah menciptakan lingkungan yang aman, tertib dan nyaman. Untuk mengintensifkan peran serta masyarakat dalam upaya mengamankan lingkungan, dan utk petugas Poskamling adalah seluruh warga masyarakat Temuwuh perlu mempunyai kemampuan dasar diantaranya adalah membunyikan tanda bahaya (kentongan), melaksanakan ronda/patroli, melaksanakan tugas penjagaan, memberikan pelayanan. keberadaannya sangat penting. Melalui pengadaan Poskamling, keamanan lingkungan di desa akan lebih terjaga dari tindakan kejahatan.
Sementara, Kepala Desa Balecatur, Hj Sebrat Haryanti mengatakan urusan logistik mendapatkan bantuan dari ibu-ibu PKK Desa Balecatur. Para ibu menganggap itu semua sebagai ibadah serta upaya dalam membantu pembangunan di desanya.

“Jadi bantuan tidak hanya tenaga saja, Ibu-ibu lebih mengerti apa yang mereka kerjakan, karena kesehariannya sudah terbiasa membuatkan makan dan minuman bagi keluarganya. Ini untuk menyukseskan TMMD Kodim Sleman,” beber sang Kades.