Pesta Penutupan Asian Para Games Berlangsung Meriah

Suasana pertandingan saat perhelatan asian para games yang disaksikan banyak penonton

MONITOR, Jakarta – Pesta olahraga akbar Asian Para Games berakhir sudah. Acara penutupan olahraga bagi para penyandang disabilitas ini berlangsung semarak dan disemarakkan dengan penampilan sejumlah artis papan atas Ibukota. Sorak-sorai dan tepuk tangan pun riuh membahana.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla yang hadir pada penutupan pesta olahraga terbesar se-asia itu mengatakan, dirinya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan penyelenggaraan Asian Para Games. “Ada 8 ribu relawan terlibat. Pada perhelatan ini Indonesia juga berhasil meraih peringkat kelima. Kalian semua hebat,” ujarnya, Sabtu 13 Oktober 2018 malam.

Tidak ketinggalan, Jusuf Kalla juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas peran yang diambil Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang sudah mewakili Indonesia sebagai tuan rumah Asian Para Games III. “Tidak lupa kita ucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan seluruh jajarannya yang telah mendukung penuh pelaksanaan Asian Para Games,” tandasnya.

Widget Situasi Terkini COVID-19

Sementara itu, Presiden Komite Paralimpiade Asia (APC), Majid Rashed, memuji pelaksanaan Asian Para Games tahun ini di Jakarta. Menurutnya, pesta olahraga itu ini menjadi yang termegah. Pujian itu disampaikan Majid dalam sambutannya di upacara penutupan Asian Para Games di Stadion Madya, Senayan. Majid menyebut APG telah menyuguhkan begitu banyak ‘pengalaman pertama yang tercipta.

“Pertama kalinya 43 negara anggota berkompetisi, pertama kalinya Bhutan berkompetisi, pertama kalinya Laos dan Timor Leste memenangkan medali, medali emas pertama untuk Filipina dan Kuwait, pertama kalinya seorang Kepala Negara mengambil peran aktif dalam upacara pembukaan, terima kasih Presiden Joko Widodo, dan tentu saja pertama kalinya Tim Korea Bersatu telah berbaris dan berkompetisi bersama di acara para-olah raga – dan mereka memenangkan medali,” kata Majid.

Selain Jusuf Kalla, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri acara penutupan Asian Para Games III di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat. Anies yang mengenakan kemeja batik bermotif Ondel-ondel dengan warna dominan kuning memasuki lokasi Closing Ceremony Asian Para Games Tahun 2018 bersama Ketua TP PKK DKI Jakarta, Fery Farhati, serta kedua putranya, Ismail dan Kaisar.