Jumat, 9 Desember, 2022

Jokowi Sebut Hubungan Antar Negara Maju sangat Lemah

MONITOR, Denpasar – Hubungan antar negara kelas satu tengah retak. Presiden Jokowi mengibaratkan kondisi global saat ini seperti Game of Thrones.  Hal ini dikatakan Jokowi, berdasar pada lemahnya kerjasama dan koordinasi antar negara.

“Lemahnya kerja sama dan koordinasi telah menyebabkan terjadinya banyak masalah, seperti peningkatan drastis harga minyak mentah, dan kekacauan di pasar mata uang yang dialami negara-negara berkembang,” ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada pembukaan Annual Meetings IMF-World Bank Group, di Nusa Dua Hall Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Jumat (12/10) pagi.

Dalam serial Game of Thrones, kata Jokowi, sejumlah great houses, great families, bertarung hebat satu sama lain untuk mengambil alih kendali The Iron Throne. Perebutan kekuasaan antar para Great Houses itu bagaikan sebuah roda besar yang berputar seiring perputaran roda.

Namun tanpa disadari tatkala Great Houses, sibuk bertarung satu sama lain mereka tidak sadar adanya ancaman besar dari utara, seorang Evil Winter, yang ingin merusak dan menyelimuti dunia dengan es dan kehancuran.

- Advertisement -

“Yang penting adalah kekuatan bersama untuk mengalahkan Evil Winter, agar bencana global tidak terjadi, agar dunia tidak berubah menjadi tanah tandus yang porak-poranda yang menyengsarakan kita semuanya,” kata kakek Jan Ethes ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER