Sabtu, 20 April, 2024

Anies Janji Segera Realisasikan Penataan Kampung Kumuh

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjanjikan warga akan segera merealisasikan janji kampanye dengan melakukan penataan kampung kumuh.

Setidaknya, ada 21 kampung kumuh yang akan segera di tata oleh Pemprov DKI.

“Jadi selama kepemimpinan saya, semua kampung kumuh di Jakarta Insya Allah akan tertata dengan baik,” ungkap Anies kepada wartawan di Balikota, Jakarta Pusat, Jumat (12/10).

Menurut Anies, penataan kampung-kampung di Jakarta akan berkolaborasi bersama masyarakat. Sehingga bisa menghadirkan hunian yang layak, lingkungan yang bersih, jaminan air bersih, dan ketersediaan lapangan kerja. Saat ini tim penataan tengah melakukan perencanaan dengan melibatkan unsur masyarakat.

- Advertisement -

“Pokoknya akan dibereskan soal penataan kampung kumuh ini dan semua warga tentunya kita libatkan,” ujarnya.

Lantas seperti apa bentuk konkrit dari keterlibatan warga?

Dijawab Anies, keterlibatan tersebut adalah membuat program lalu sosialisasi, setelah itu dieksekusi.

“Apa yang menjadi aspirasi warga dan juga pemerintah dibicarakan bersama-sama,” ujarnya.

Sementara itu, dari 21 lokasi kampung kumuh tersebut meliputi Kampung Lodan, Kampung Tongkol, Kampung Krapu, Kampung Muka, Kampung Walang, Kampung Akuarium,Kampung Marlina, Kampung Elektro, Kampung Gedong Pompa, Kampung Kerang Ijo, Kampung Baru Tembok Bolong, Kampung Blok Empang dan Kampung Tanah Merah yang masuk wilayah Jakarta Utara.

Kampung Prumpung, Jakarta Timur, Kampung Rawa Barat, Kampung Rawa Timur, Kampung Guji Baru, Kampung Kunir, Kampung Kali Apuran dan Kampung Sekretaris dari wilayah Jakarta Barat. Sedangkan untuk Jakarta Selatan adalah Kampung Baru.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER