Misi Apollo 7 Sukses Menembus Angkasa

1032
Ilustrasi penjelajahan antariksa

MONITOR – Misi peluncuran pertama berhasil dilakukan tiga astronot dari Amerika Serikat, tepat 49 tahun silam. Apollo 7 berhasil diterbangkan, dengan roket Saturnus 1-B dari Cape Kennedy. Peristiwa ini sekaligus menjadi catatan sejarah bagi dunia keantariksaan.

Apollo 7 memiliki misl untuk mengelilingi bumi selama 11 harı. Dalam peluncurannya, ada tiga awak pesawat yang ikut serva, mereka adalah  Walter ‘Wally’ Schirra Jr, perwira Angkatan Laut Amerika Serikat, Donn Fulton Eisele dari Angkatan Udara AS dan R. Walter Cunningham yang merupakan warga sipil. Pesawat ruang angkasa ini dinahkodai oleh Kapten Walter ‘Wally’ Schirra Jr.

Dilansir Today In Science, misi ini diluncurkan dari Tanjung Canaveral pada 11 Oktober 1968 dan mendarat kembali pada 22 Oktober 1968. Apollo 7 mengorbit di angkasa selama 10 hari 20 jam 9 menit dan 3 detik, dengan jumlah lintasan orbit sebanyak 163 kali.

Tiga astronot asal Amerika Serikat yang berhasil mendaratkan Apollo 7

“Mereka berputar-putar (di angkasa) selama 11 hari sampai 183 mil di atas Bumi dalam orbit 90 menit,” demikian kutipan Today in Science.

Bagi ketiga awak yang menumpang dalam pesawat, ini merupakan pengalaman pertama bagi mereka mengangkasa. Setelah misi Apollo 7 berhasil, lalu dilanjutkan dengan misi Apollo 11, sekaligus misi berawak ke Bulan menggunakan roket Saturnus.