Sempat Tertahan, Tim Relawan Jasa Marga Akhirnya Tembus Daerah Palu

Tim relawan Jasa Marga peduli telah memasuki wilayah terdampak gempa Palu

MONITOR, Palu – Tim Relawan Jasa Marga Peduli dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk akhirnya bisa memasuki daerah gempa di Palu, Kamis (4/10) lalu. Tim relawan yang berasal dari Jasamarga Pegiat Alam (Jasmapala) sempat tertahan di Makassar sejak tanggal 1 Oktober 2018.

Tim Jasa Marga Peduli terdiri dari 10 orang terpilih yang telah terlatih dan bersertifikat dalam keahlian bidang medis, evakuasi dan distribusi logistik, berhasil diberangkatan dengan pesawat hercules pada tanggal 2 Oktober 2018 dengan 5 personil dan 5 personil pada tgl 3 Oktober 2018 dengan pesawat komersil.

“Saat ini tim dibagi 2 wilayah evakuasi, untuk tim 1 ada di daerah Petobo dan tim 2 di daerah Tanjungan,” ujar Dwimawan Heru, selaku AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Sabtu (6/10).

Heru menjelaskan, tim Jasa Marga Peduli ini telah menyalurkan bantuan tahap 1 melalui Posko BUMN Peduli di Palu. Adapun bantuan berupa perlengkapan medis darurat, paket makanan siap saji, air mineral, terpal untuk hunian sementara sejumlah 20 buah dan pakaian sejumlah 2 koli.

Tim relawan Jasa Marga peduli berhasil menembus wilayah palu

Jasa Marga Peduli juga akan mengirimkan tim kedua dengan jumlah personil empat orang dengan spesialisasi tiga orang dalam bidang rescue dan satu orang bidang medis. Semua relawan Jasmapala dalam tahap dua juga telah terlatih dan bersertifikat untuk melakukan evakuasi.

Tim tersebut rencananya akan berangkat hari Minggu, (7/10) dengan membawa bantuan tahap dua berupa terpal ukuran 4 m x 8 m sejumlah 100 buah, selimut 100 buah dan kantong jenazah sebanyak 50 buah.

“Tim mendapat arahan dari Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT Jasa Marga (Persero) Tbk Alex Deni untuk dapat berkoordinasi dengan tim PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) yang ditunjuk sebagai BUMN koordinator Posko Induk,” terangnya.