Instagram, Aplikasi Favorit Kaum Milenial

1033
Layanan aplikasi Instagram

MONITOR – Semua kalangan milenial tentu merasa akrab dengan aplikasi jejaring sosial media, Instagram. Baik kalangan muda maupun tua, hampir semuanya menggemari fitur-fitur yang dimiliki Instagram.

Instagram resmi diperkenalkan pada publik pada 6 Oktober 2010 lalu. Berdasarkan jumlah pengguna aktif bulanan atau monthly active user (MAU) Instagram, per Juni 2018 diketahui telah menembus 1 miliar orang.

Tentu tak ada yang menyangka, situs layanan berbagi konten visual tersebut kini telah merajai dunia maya. Di tengah kejayaan yang dicapai, dua pendiri Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger justru memutuskan untuk beristirahat, Keduanya resmi mengumumkannya Senin (24/9/2018) lalu.

Semua orang tahu, mungkin tidaklah mudah bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk melepas “anak” yang mereka lahirkan dari nol hingga menjadi raksasa seperti sekarang. Kini penguasaan bisnis Instagram pun didominasi bos Facebook setelah dua pendirinya hengkang.

Diantara sekian fitur aplikasi kekinian yang bersaing, pertumbuhan Instagram memang sangatlah pesat dan unggul. Instagram terus menunjukkan berbagai inovasi terbaiknya dengan membagikan fitur-fitur yang dibutuhkan khalayak.

Awalnya, layanan ini hanya menyediakan fitur berbagi konten visual, namun tak lama kemudian mengembangkan fitur Stories. Kini Instagram juga mulai menyalip Youtube, dengan membuka aplikasi IGTV. Layanan itu memungkinkan pengguna membuat dan menonton video berdurasi hingga 1 jam dalam format vertikal.

Menurut estimasi e-Marketer, Instagram bisa meraup pendapatan hingga 5,48 miliar dollar AS (Rp 77,2 triliun sepanjang 2018. Jika benar, angka itu naik 70 persen ketimbang tahun lalu.