Kamis, 28 Maret, 2024

Jasa Marga Terapkan Pengaturan Lalu Lintas

Guna mendukung Asian Para Games 2018

MONITOR, Jakarta – Dalam rangka menyambut perhelatan olahraga Asian Para Games 6-13 Oktober 2018, PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan menerapkan kebijakan pengaturan lalulintas, khususnya di jalan tol bagi rombongan atlet dan tim official. Ini merupakan upaya Jasa Marga untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan event olahraga khusus bagi disable.

Bentuk pengaturan lalu lintas tersebut berupa memprioritaskan rombongan kendaraan atlet dan tim official 2018 Asian Para Games yang melintas di jalan tol melalui koordinasi dengan sejumlah pihak. Diantaranya Kepolisian, Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPJT Kementerian PUPR), Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kementerian Perhubungan (BPTJ Kemenhub), Dinas Perhubungan setempat dan Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC).

“Rombongan kendaraan atlet dan official 2018 Asian Para Games yang melintas di jalan tol harus memiliki identitas Indonesia 2018 Asian Para Games yang diterbitkan oleh INAPGOC. Di samping itu, rombongan yang melintas juga harus dalam pengawalan petugas,” terang Dwimawan Heru selaku AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Jumat (5/10).

Lebih lanjut Heru menjelaskan, prioritas lalu lintas rombongan atlet dan official di Jalan Tol Jasa Marga yaitu pada Ruas Tol Dalam Kota (off ramp Semanggi, off ramp Senayan, Gerbang Tol (GT) Senayan, GT Slipi 1, off ramp Kuningan, GT Kuningan 1, GT Tebet 1) dan Ruas Tol Jagorawi (GT Cibubur, GT Sentul, GT TMII)

- Advertisement -

Adapun tempat penyelenggaraan pertandingan atau arena (venue) Asian Para Games 2018 tidak hanya terfokus di area Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Namun, juga sejumlah lokasi lainnya di Jakarta. Kelengkapan fasilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas merupakan salah satu faktor penunjukkan venue tersebut.

“Penyampaian informasi dalam rangka menyambut rombongan atlet Asian Para Games juga ditampilkan melalui VMS yang ada di jalan tol,” kata Heru.

Sebelumnya, pada ajang Asian Games 18 Agustus–2 September 2018 lalu, Jasa Marga juga mendukung perluasan pemberlakuan kebijakan ganjil-genap, memberikan prioritas bagi kontingen negara-negara peserta Asian Games yang melintas di jalan tol.

Selain itu, Jasa Marga juga melakukan beautifikasi di sekitar jalan tol-jalan tol selama perhelatan tersebut berlangsung. Pemberlakukan berbagai kebijakan ini merupakan bagian upaya untuk menyukseskan Asian Para Games 2018.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER