Senin, 20 September, 2021

BIN Pastikan Situasi Palu Terkendali

Penjarahan terjadi karena warga panik kehabisan makanan

MONITOR, Palu – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) RI, Budi Gunawan mengatakan insiden penjarahan di Palu Sulawesi Tengah pasca bencana gempabumi dan tsunami sudah teratasi dan terkendali. Hal tersebut ditegaskan mantan wakapolri itu saat ia terjun langsung mengirimkan bantuan bahan pangan ke lokasi bencana.

“Situasi sudah terkendali. Aparat dan pemerintah bekerja sama untuk menanganinya. Alhamdulillah, kita semua masyarakat harus bekerja sama agar semakin tercipta suasana yang kondusif,” katanya di Palu, Rabu (3/10).

Budi mengatakan, aksi penjarahan yang sempatik terjadi di kota Palu karena warga panik kehabisan makanan. Namun ia memastikan semua akan diganti pemerintah.

“Semua dicatat dan setiap kerugian akan diganti pemerintah. Warga hanya panik makanan akan habis termasuk persoalan air. Tapi situasi sudah bisa ditangani,” ungkapnya.

- Advertisement -

Menurut Budi Gunawan, ada beberapa kendala dalam penyaluran bantuan, utamanya masalah transportasi. Namun ia menegaskan beberapa hari ke depan semua akan pulih. “Tranportasi lewat laut paling cepat dua hari. Udara landasan pacu juga terganggu. Tapi kami yakin beberapa hari ke depan akan stabil. Presiden (Jokowi) insyaalah hadir cek setiap saat,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER