Anies Kirim Puluhan Pasukan ke Palu dan Donggala

Total petugas yang dikerahkan sebanyak 83 orang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepaskan puluhan petugasnya untuk membantu korban bencana alam Palu dan Donggala (dok: Asep Monitor)

MONITOR, Jakarta РBencana alam yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, mengundang rasa prihatin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Oleh karenanya, orang nomor satu di Ibukota ini berinisiatif untuk menerjunkan puluhan pasukannya untuk membantu para korban bencana di Palu dan Donggala.

Sedikitnya, ada 83 orang pegawai Pemprov DKI yang terdiri dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang diberangkatkan ke Palu dan Donggala. Diantaranya 20 orang dari Dinas Kesehatan, 10 orang dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, 10 orang dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, 5 orang dari Bazis, 20 orang Dinas Sosial dan 10 orang Satpol PP.

Surat instruksi Pemprov DKI Jakarta untuk bantuan kemanusiaan bencana alam Palu dan Donggala )dok: Istimewa)

 

“Diberangkatkan hari ini sampai 10 Oktober. Kami hadir membereskan fase pertama di sana,” ujar Anies usai melepas Pasukannya di Silang Monas, Senin (1/10).

Anies yakin, para petugasnya ini akan diterima dengan senang hati oleh pemerintah setempat di Sulteng, karena datang dengan niat baik dan penuh persaudaraan. Karenanya, ia meminta kepada personil yang dikirim untuk datang ke lokasi bencana dengan senyum dan sepenuh hati.

Surat edaran Pemprov DKI Jakarta untuk bantuan kemanusiaan bencana alam Palu dan Donggala

Selain mengirimkan personel, Anies mengatakan kalau Pemprov DKI juga menganggarkan dana sebesar Rp60 miliar untuk korban bencana, melalui APBD Perubahan.

Ke-83 Satgas diterbangkan hari ini dengan pesawat komersil menuju Donggala melalui Makassar.