Kamis, 28 Maret, 2024

Pertamina EP Giat Temukan Cadangan Baru Melalui Eksplorasi

MONITOR, Indramayu – PT Pertamina EP (PEP), anak perusahaan PT Pertamina (Persero) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKKMIGAS,  mempunyai wilayah kerja  yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini membuat PT Pertamina EP mempunyai peluang besar untuk dapat meningkatkan cadangan dalam rangka menunjang ketahanan energi nasional.

Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan penemuan cadangan minyak & gas serta kondensat di area Jawa Barat melalui pemboran sumur eksplorasi Akasia Maju – 001 (AMJ-001).

Sumur AMJ-001 terletak di Desa Bulak Lor, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu. Sumur yang mulai ditajak pada tanggal 20 Maret 2018 menggunakan Rig PDSI#38.2/D1000-E, diselesaikan pada tanggal 20 Agustus 2018. Sumur tersebut dibor hingga mencapai kedalaman 2.517 meter.

Uji produksi berhasil mengalirkan hidrokarbon baik minyak ataupun gas. Salah satu uji produksi bahkan mempu mengalirkan minyak hingga 1.700 BOPD. Sementara hasil uji produksi lainnya juga mengalirkan gas dan kondensat.

- Advertisement -

Penemuan ini selain menjadi angin segar bagi PEP,  juga membuka peluang eksplorasi yang masih potensial di area yang sudah dalam tahapan matang secara produksi. Saat ini sumur AMJ-001 sudah memasuki tahapan evaluasi pasca pemboran dan akan dilakukan penambahan sumur appraisal untuk mempercepat ke tahap pengembangan lapangan.

Pada kesempatan terpisah, Exploration & New Discovery Project Director PT Pertamina EP Achmad Alfian Husein menerangkan bahwa harapan besar PEP adalah dapat menemukan cadangan besar untuk dapat menunjang kebutuhan energi nasional. “Kami akan terus berupaya dan bersinergi untuk memberikan hasil terbaik bagi negeri ini”, ungkapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER