Deklarasi Kampanye Damai

Deklarasi Kampanye Damai, Lapangan Monas, Jakarta, Minggu (23/9/2018)

MONITOR, Jakarta – KPU dan Bawaslu hari ini menyelanggarakan acara deklarasi kampanye damai jelang Pemilu Serentak 2019 di lapangan monas, Jakarta, Minggu (23/9/2019).

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, kegiatan deklarasinkampanye damai bertujuan untuk menjaga keutuhan NKRI berdasarkan UUD 1945, sekaligus memperkenalkan dan mensosialisasikan peserta pemilu.

Deklarasi kampanye damai juga menjadi awal dibukanya masa kampanye pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Acara ini mengusung tema kampanye anti hoaks (berita bohong) dan SARA.

Dari pantauan MONITOR di lapangan, acara kampanye deklarasi damai berlangsung meriah. Para kandidat calon presiden dan wakil presiden Jokowi, Ma’ruf Amin, Prabowo, dan Sandiaga nampak hadir bersama sejumlah tokoh dan petinggi masing-masing partai politik.

Berikut pernyataan deklarasi kampanye damai yang dibacakan ketua KPU, Arief Budiman dan ketua Bawaslu, Abhan diikuti oleh paslon capres-cawapres.

“Deklarasi kampanye damai pemilu tahun 2019. Kami peserta Pemilu Tahun 2019 berjanji, satu, mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Dua, melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas tanpa hoaks, politisasi SARA dan politik uang. Tiga, melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ucap Arief dan Abhan yang diikuti oleh seluruh peserta.