Jumat, 19 April, 2024

5 Fakta Unik Armenia, Negara Kecil yang Menakjubkan

MONITOR – Dari sekian banyak negara yang ada, nama Armenia bisa dibilang sangat jarang disebut. Ya, negara Armenia berhasil merdeka dari Unisoviet pada 27 tahun yang lalu, tepatnya 23 September 1991.

Negara dengan luas hanya 29,7 ribu kilometer atau tak lebih besar dari Jawa Tengah, dan berpenduduk hanya sekitar 3 juta orang ini mungkin kedengarannya biasa-biasa saja.

Padahal ketika ditelusuri, kita pasti akan sangat terkagum-kagum dengan apa yang ada di dalamnya.

Ya, tanpa banyak yang tahu, ternyata Armenia adalah negara pemilik sejuta keunikan yang takkan bisa ditemui di negara lain, termasuk Indonesia.

- Advertisement -

Tak hanya itu, masih banyak fakta unik lain tentang Armenia yang mungkin belum kamu ketahui. Melansir Boombastis, simak ulasannya berikut ini.

1. Bangsa Armenia Adalah Pembuat Wine Pertama

Soal wine tua dan berkualitas, kita pasti mengasosiasikannya dengan Perancis. Perancis memang sering dikait-kaitkan soal wine, tapi kalau kita bicara sejarah, negeri menara Eiffel itu ternyata bukanlah siapa-siapa soal anggur. Ya, siapa sangka jika Armenia lah bangsa yang pertama kali menciptakan wine.

2. Pink City, Kota Unik yang Hanya Bisa Dijumpai di Armenia

Meskipun negaranya tak begitu besar, tapi kita akan selalu punya banyak pilihan objek wisata yang pasti bisa bikin mata terbelalak. Salah satunya adalah dengan mengunjungi kota Yerevan yang juga dikenal dengan nama Pink City.

Ya, seperti namanya, banyak sekali bangunan di kota ini yang berwarna merah muda alias pink. Uniknya, warna pink itu sendiri bukan tercipta lantaran proses tangan manusia melainkan alam. Diketahui bebatuan yang dipakai sebagai bahan bangunan diambil dari lava vulkanis yang secara alami mengeluarkan warna unik seperti itu.

3. Masyarakat Sangat Memuja Gunung Ararat

Gunung bagi sebagian orang tak hanya sekedar pemandangan cantik saja, melainkan lebih dari itu. Jepang misalnya, orang-orang negeri matahari terbit ini sangat memuja Gunung Fuji. Tak hanya dikeramatkan, gunung indah ini juga dianggap sebagai salah satu simbol negara. Nah, tak hanya orang-orang Jepang saja yang memuja gunungnya, Armenia pun demikian.

Orang-orang di negara unik ini begitu menjunjung tinggi gunung bernama Ararat. Ia dianggap sebagai simbol penyelamat karena dipercaya sebagai tameng dari segala bencana. Tak hanya itu, gunung ini juga dianggap suci karena dipercaya sebagai tempat singgahnya kapal Nabi Nuh.

4. Catur Jadi Pelajaran Wajib Siswa Armenia

Soal pendidikan, ada satu hal unik di Armenia yang takkan bisa dijumpai di mana pun. Percaya tidak percaya, orang-orang Armenia sangat suka catur sehingga memasukkan permainan ini dalam salah satu kurikulum pendidikan di sana. Bukan ekstrakurikuler, ini adalah pelajaran wajib yang harus ditempuh setiap siswa.

5. Armenia Juga Memikiki Wanita Cantik

Masih ada satu lagi fakta unik tentang Armenia yang pasti akan makin mengejutkanmu. Soal wanita, negara satu ini juga bisa dibilang sebagai salah satu negara yang paling banyak wanita cantiknya. Kalau tak percaya, silakan coba ke sana dan lihatlah sekeliling. Dijamin bakal bingung sendiri karena begitu banyak yang cantik-cantik berseliweran.

Wanita Armenia biasanya tinggi dan bertubuh padat. Kulit mereka seperti perpaduan antara Eropa dan Timur Tengah. Kalau sulit membayangkan, coba tengok Kim Kadarshian dan saudara-saudaranya. Kurang lebih seperti itulah wanita-wanita Armenia.

Inilah fakta-fakta unik tentang negara kecil satu ini. Siapa sangka jika Armenia yang jarang jadi pembicaraan ini menyimpan hal-hal luar biasa.

Soal berkunjung ke sana, kita dijamin akan mendapatkan banyak kemudahan.

Alasannya, pemerintah Armenia sama sekali tak membeda-bedakan antara turis dan warga lokal, terutama soal tarif dalam hal apa pun.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER