Kamis, 28 Maret, 2024

Balkondes Wringin Putih Pertamina, Dipercaya Menjadi Tempat Menginap Delegasi ICW

MONITOR, Jakarta – Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wringin Putih binaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina (Pertamina) mendapat kepercayaan sebagai tempat penginapan para delegasi International Council of Woman (ICW) yang sedang menggelar sidang ke-35 di Yogyakarta dan Magelang pada 13 – 20 September 2018. Para delegasi ICW akan menginap di Balkondes Wringin Putih pada 18 – 19 September 2018.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito menyatakan rasa bangganya, atas kepercayaan yang diberikan kepada Balkondes Wringin Putih untuk menyambut dan menjamu para tamu internasinal yang tengah menggelar International Council Of Women 35th General Assembly di Yogyakarta dan Magelang. Para delegasi ICW secara keseluruhan tercatat sebanyak 150 orang yang berasal dari 44 negara, dari jumlah tersebut sebagian akan menginap di Balkondes Wringin Putih.

Keroncongan menyambut rombongan delegasi tamu internasional ICW di Balkondes Wringin Putih Pertamina

“Balkondes Wringin Putih Pertamina menyiapkan 20 kamar dengan konsep homestay, yang memadukan nuansa pedesaan yang asri. Berbagai sarana dan prasarana di Balkondes Wringin Putih telah kita siapkan dengan baik, termasuk Anjungan Informasi yang menyajikan informasi mengenai Balkondes Wringin Putih juga akses wifi yang cepat, untuk menunjang kenyamanan para delegasi yang menginap di Balkondes. Kita juga telah siapkan makanan khas lokal, sehingga para tamu diharapkan bisa betul-betul merasakan suasana pedesaan khas Indonesia,” ujar Adiatma.

Selain pelayanan yang prima kepada para tamu delegasi ICW, Balkondes Wringin Putih Pertamina juga telah menyiapkan berbagai atraksi yang menarik bagi para tamu delegasi seperti jemparingan atau memanah, membatik dan menganyam janur. Selain itu, para tamu delegasi juga akan disuguhkan tarian tradisional yang menggambarkan kekayaan budaya Indonesia.

- Advertisement -

“Kita juga akan mengenalkan keragaman budaya dan kesenian khas Indonesia, termasuk permainan khas daerah kepada para tamu degelasi. Harapannya, mereka akan lebih mengenal Indonesia dan menyampakannya kepada dunia internasional, sehingga Balkondes bisa mendunia,” imbuh Adiatma.

Para tamu juga diajak untuk berkeliling ke desa bambu dan mengunjungi Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Wringin Putih untuk penyerahan bantuan buku bacaan dari BUMN.

Sejak dibangun Pertamina, Balkondes Wringin Putih telah menjadi salah satu destinasi wisata dan akomodasi unggulan di sekitar Candi Borobudur. Kesejukan alam pedesaan yang masih alami dengan latar belakang perbukitan Menoreh menjadi visual yang memanjakan mata dan memberi ketenangan bagi pengunjung.

Tak hanya keindahan alam, Balkondes Wringin Putih yang berada di kawasan wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, memiliki arsitektur bangunan rumah yang unik berbentuk pondok dari bambu. Selain itu, desain halaman didominasi kayu dan bambu menambah kekuatan panorama alam yang masih asli.

Lihat saja, Bale Bambu Klatakan yang awalnya hanya kebun bambu liar kini telah menjadi daya tarik utama dan sering diabadikan menjadi objek swafoto. Kearifan lokal masyarakat setempat turut menyertai persona Wringinputih, yakni interaksi sosial, persaudaraan yang erat, serta gotong royong antar warga.

Setelah Dikembangkan PT Pertamina (Persero), Desa Wisata Wringin Putih diharapkan dapat tumbuh dan berkembang menjadi sentra penggerak ekonomi dan galeri potensi kerajinan masyarakat sekitar, seperti batik, kerajinan bambu, serta sentral kuliner dan penginapan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER