SBY Desak Jokowi Naikkan BBM, Begini Pembelaan Ruhut Sitompul

Politikus PDIP Ruhut Sitompul (dok: Jawapos)

MONITOR, Jakarta – Politikus PDIP Ruhut Sitompul mengingatkan Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), untuk tak ikut campur mengurusi kebijakan ekonomi di era pemerintahan Jokowi.┬áDimana, SBY mendesak pemerintah Jokowi untuk menaikkan harga BBM demi menyelematkan rupiah.

Ruhut menegaskan, tim ekonomi Jokowi memiliki strategi tersendiri untuk menyelamatkan ekonomi negeri, termasuk soal rupiah dan harga BBM.

“Pak SBY yang baik di era Bung Karno, Pak Harto, Pak Habibie Gus Dur dan Bu Mega serta Pak SBY dijadikan pedoman oleh Presiden RI ke 7 Pak Joko Widodo, tapi mengenai harga BBM sekarang percayakan kepada pak Jokowi,” ujar Ruhut Sitompul, dalam laman resmi Twitternya, Selasa (18/9).

“Kenapa tidak dinaikkan, tim ekonominya mempunyai cara sendiri,” tegas mantan politikus Demokrat itu.

Diketahui, SBY sebelumnya menyampaikan Pemerintah Indonesia di masa kepemimpinannya pada 2008 sempat mengambil keputusan untuk meninggikan harga BBM.

SBY menyebutkan, langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi naiknya harga minyak dunia.

“Beberapa bulan sebelum pemilihan presiden dilaksanakan, saya harus menaikkan harga BBM pada tahun 2008. Setelah kebijakan itu diambil, Alhamdulillah ekonomi kita selamat,” ujar SBY saat perayaan HUT Partai Demokrat ke-17.