516 Pendaki Gunung Sumbing Selamat dari Amukan si Jago Merah

1026
Sebanyak 416 pendaki berhasil dievakuasi oleh tim gabungan (dok: BNPB)

MONITOR, Magelang – Kebakaran di Gunung Sindoro akhirnya padam. Kondisinya cukup mengenaskan, terhitung sejak tanggal 7 hingga 11 September 2018, total luas lahan yang hangus mencapai 415,6 hektar. Sementara kerugian lahan di kawasan Gunung Sumbing mencapai 237,8 hektar.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan kedua kawasan tersebut sudah disterilkan. Tim gabungan pun sudah dikerahkan untuk terus memadamkan lokasi. Walhasil, jalur pendakian pun terpaksa ditutup hingga malam 1 Suroan (1 Muharram,red).

Petugas menutup akses pendakian sementara Gunung Sindoro

“Api dapat menyala kembali karena cuaca kering dan angin kencang. Petugas menutup jalur,” terang Sutopo, dalam laman resmi Twitternya, Rabu (12/9).

Ia menjelaskan, dari hasil evakuasi, tim gabungan berhasil menyelamatkan sebanyak 516 orang pendaki yang terjebak di lokasi pendakian.

“Sebanyak 516 orang pendaki telah berhasil dievakuasi dari Gunung Sumbing hingga 11/9/2018 pukul 16.40 WIB,” kata dia.

516 pendaki tersebut sudah berada di basecamp, sementara 25 pendaki sudah berada di Pos 1 jalur pendakian Butuh Kabupaten Magelang. “Upaya pemadaman terus dilakukan tim gabungan.