Jumat, 29 Maret, 2024

50 Mahasiswa Ikuti Program Magang Bersertifikat di Jasa Marga

MONITOR, Jakarta – Sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan produktivitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM), PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar acara Kick Off Program Magang Bersertifikat yang diselenggarakan di Jasa Marga Learning Institute (JMLI), Jakarta, Jumat (24/8).

General Manager Jasa Marga Learning Institute (JMLI), Nixon Sitorus, menyatakan bahwa program Magang Bersertifikat di Jasa Marga ini menerima 50 mahasiswa/i magang dari berbagai perguruan tinggi antara lain Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Padjajaran (Unpad), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Telkom, UIN Syarif Hidayatullah serta Universitas Islam “45” Bekasi.

Turut hadir dalam Kick Off Program Magang Bersertifikat yang diadakan di JMLI yaitu Direktur SDM dan Umum Jasa Marga Kushartanto Koeswiranto, Vice President/General Manager Jasa Marga dan dosen dari perwakilan universitas. Dalam kesempatan tersebut, Kushartanto menyampaikan, Jasa Marga sangat mendukung program ini. Ia berharap, program tersebut dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang unggul, berdaya saing, dan siap membangun bangsa serta negara dalam menghadapi persaingan global.

“Program Magang Bersertifikat yang digagas oleh Kementerian BUMN merupakan bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri. Sejumlah 2732 mahasiswa yang tergabung dalam program ini akan diserap oleh 118 BUMN selama 6 bulan ke depan. Ini bagian dari komitmen BUMN bahwa BUMN itu bersinergi dan kehadirannya dirasakan untuk negeri,” ujar Kushartanto dalam sambutannya.

- Advertisement -

Lebih lanjut Kushartanto juga mengenalkan proses bisnis jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga dimana sesuai tagline Jasa Marga Connecting Indonesia yang merupakan misi Jasa Marga untuk mewujudkan konektivitas Indonesia melalui jalan tol.

Dengan adanya program ini, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di BUMN atau terjadi link and match university dengan industri. Program ini sekaligus bisa membantu mahasiswa untuk belajar dan memahami dunia kerja nantinya.

Program Magang Bersertifikat ini juga bisa menjadi ajang transfer of knowledge dari para praktisi kepada mahasiswa calon-calon tenaga kerja profesional. Jasa Marga sendiri senantiasa memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin mencari pengalaman kerja di Perseroan sehingga dapat meningkatkan keterampilan dan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja, terutama dalam menghadapi persaingan global.

Para peserta Program Magang Bersertifikat yang terpilih telah melalui serangkaian uji seleksi antara lain seleksi kesediaan, domisili, dan jurusan. Selain mendapat wawasan luas tentang dunia kerja, para peserta Program Magang Bersertifikat juga akan menerima sertifikat berskala nasional dan uang saku. Mereka akan menjalani Program Magang Bersertifikat selama enam bulan, terhitung sejak September 2018.

Salah satu perwakilan dosen pembimbing dari Universitas Negeri Jakarta, Prasetyo, menyambut positif program magang bersertifikasi ini. “Selama ini baru mengenal Jasa Marga, dengan program magang ini, semakin lebih jelas. Yang menarik, program ini bersertifikasi sehingga sangat bermanfaat.” Hal senada juga disampaikan oleh Nining, Dosen Pembimbing dari Akademi Sekretaris dan Manajemen Bina Insani, juga mengapresiasi program magang bersertifikasi yang diharapkan dapat memberikan manfaat positif baik bagi mahasiswa maupun BUMN.

Peserta Program Magang Bersertifikat, Tasya dari Akademi Sekretaris dan Manajemen Bina Insani Jurusan Sekretaris berujar, “Semoga program ini memberikan manfaat bagi Indonesia dan mahasiswa yang akan melaksanakan magang.”

Program Magang Bersertifikat merupakan salah satu rincian kegiatan BUMN Hadir di Kampus yang juga menjadi bagian Program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) Tahun 2018. Dalam pelaksanaannya, Program Mahasiswa Magang Bersertifikat merupakan program di bawah Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang merupakan forum sinergi bagi praktisi human capital management di lingkungan BUMN yang berkomitmen meningkatkan daya saing SDM Indonesia.

Kick Off Program Magang Bersertifikat yang diadakan di JMLI ini merupakan tindak lanjut dari pencanangan Program Mahasiswa Magang Bersertifikat oleh Kementerian BUMN di Auditorium Plaza Bank Mandiri pada Minggu (20/5) lalu.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER