Soal Pengganti Sandi, Anies Pasrah ke Partai Pengusung

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Foto: Asep Syaefudin)

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, mengaku tak punya kriteria khusus calon pendampingnya sebagai pengganti Sandiaga Salahuddin Uno. Dimana, Sandi akhirnya memilih untuk maju sebagai calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto.

“Saya percaya dengan siapa yang bisa saya ajak kerjasama,” kata Anies di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (14/8).

Mantan Mendikbud RI itu tampaknya pasrah kepada partai pengusung terkait sosok pengganti Sandiaga Uno. Ia yakin orang yang akan disodorkan nantinya memiliki kapasitas dan kapabilitas mumpuni untuk mengatasi masalah Jakarta.

“Tapi saya percaya partai pasti akan mengusulkan nama yang mereka tahu persis bisa bekerja di Jakarta. Seperti kemarin saya bermitra dengan Pak Sandi, pasti. I have no worries. Kriterianya sesuai undang-undang,” ucap dia.

Anies pun tak mau berspekulasi tentang sosok pengganti Sandiaga. Selain itu, dia mengaku bukan hak dirinya untuk menilai seseorang.

“Pokoknya siapa saja, saya siap tugas. Dan saya percaya, kalau sudah dijenjang seperti ini, ini bukan perasaan, ini tentang delivery kerja profesional, jadi saya percaya yang diusulkan pasti mereka siap kerja tuntas kerja keras,” tandas Anies.

Perlu diketahui, berbagai nama pengganti Sandiaga mulai bermunculan. Nama yang paling santer dibicarakan adalah Wakil Kepala DPRD DKI Jakarta M. Taufik, mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), dan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.