Kinerja Dinilai Memuaskan, Jokowi Tetap Akan Copot Menpan-RB

1008
Menpan-RB, Asman Abnur (foto : metrotvnews)

MONITOR, Jakarta – Presiden Jokowi dikabarkan akan melakukan perombakan kabinet atau reshuffle dalam waktu dekat, namun reshuffle kali ini diperkirakan hanya akan menyasar menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur.

Keputusan mencopot Asman Abnur sendiri tidak terlepas dari keputusan Partai Amanat Nasional (PAN) tempat Asman bernaung. PAN diketahui memilih untuk berada diluar pemerintahan dan tidak ikut koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. PAN lebih memilih Prabowo-Sandi.

“Jadi memang sejak pendaftaran capres kemarin kan koalisi sudah terbentuk, artinya ada yang di sini, ada juga yang di sana. Tentu ini jadi pemikiran di partai koalisi, bagaimana mengokohkan koalisi dan juga kejelasan siapa yang di sini, siapa yang di sana,” kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno di Kantor Sekretaris Negara, Jakarta, Selasa (14/8).

Pratikno menambahkan, masalah pencopotan tersebut belum pasti namun kemungkinan akan dilakukan dalam waktu dekat. Pratikno juga menegaskan jika pergantian Asman tersebut bukan karena kinerjanya melainkan karena faktor politik.

“Pak Presiden kalau terkait dengan kinerjanya, ini kan bicara tentang PAN, kalau kinerjanya menteri PAN di pemerintahan dalam hal ini Pak Asman Abnur beliau sangat-sangat puas, sangat-sangat bagus,” tegasnya.