Jokowi akan Hadiri Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-57 di Cibubur

1015
Presiden Joko Widodo dijadwalkan sore ini hadir di acara puncak peringatan Hari Pramuka ke 57 (dok: istimewa)

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka (Kamabinas) akan hadir di acara puncak peringatan Hari Pramuka ke-57 yang digelar oleh Kwarnas Gerakan Pramuka.

Puncak peringatan Hari Pramuka ini dilaksanakan di Lapangan Gajahmada, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (14/8/2018) pukul 15.00 WIB.

Peringatan Hari Pramuka dilaksanakan di seluruh daerah di Indonesia, mulai Kwartir Ranting dan Gugus Depan hingga Kwarnas. Dalam sejarahnya, Peringatan Hari Pramuka yang diadakan Kwarnas Gerakan Pramuka selalu dihadiri Presiden RI.

Di era kepemimpinan Adhyaksa Dault, Peringatan Hari Pramuka di tingkat pusat juga selalu dihadiri Presiden Jokowi. Kehadiran Jokowi dinilai dapat memompa semangat insan Pramuka di seluruh Indonesia.

“Kehadiran Kak Jokowi selaku Kamabinas, dalam setiap peringatan Hari Pramuka bukan sekadar memperkuat peran Pramuka dalam menjaga keutuhan NKRI. Tapi juga sekaligus memberikan semangat kepada adik-adik Pramuka untuk terus belajar, memberikan yang terbaik bagi bangsa ini,” ujar Ketua Pelaksana Peringatan Hari Pramuka ke-57 Kodrat Pramudho.

Mengambil tema “Pramuka Perekat NKRI”, Peringatan Hari Pramuka kali ini akan diikuti ribuan Pramuka dari wilayah Jabodetabek. Sejumlah tokoh, para menteri, kepala daerah baik gubernur maupun walikota/bupati, para ketua Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka dari beberapa wilayah juga akan berkumpul di Cibubur.

Tahun ini, Kwarnas Gerakan Pramuka juga mengundang duta besar negara-negara sahabat, khususnya ASEAN. Sekretaris Jenderal Gerakan Kepanduan Sedunia, World Organization of the Scout Movement (WOSM), Ahmad AlHendawi juga dijadwalkan hadir. Ia sudah tiba Jakarta pada 13 Agustus 2018 ditemani Direktur Pramuka Asia Pasifik, Mr. JRC Pangilinan.

Melalui peringatan Hari Pramuka, Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault mengajak sekitar 2000 peserta upacara dan seluruh Pramuka di daerah untuk meningkatkan dedikasi dan kreativitas dalam mengabdi kepada negeri.

Pasalnya, tantangan zaman semakin kompleks. Dibutuhkan cara-cara yang lebih kreatif mengajak generasi bangsa melakukan hal-hal positif.