Aher Batal Nyaleg, PKS Siapkan jadi Pengganti Wagub DKI?

Ketua DPP PKS Aboe Bakar Alhabsyi saat ditemui MONITOR di RSPAD Gatot Soebroto (dok: Rangga Monitor)

MONITOR, Jakarta – Sejak ditinggalkan Sandiaga Uno, kursi Wakil Gubernur DKI mulai menjadi incaran sejumlah kalangan, tak terkecuali PKS. Pasalnya, partai yang dipimpin Sohibul Iman ini merupakan partai pengusung Anies-Sandi di Pilgub DKI 2017 lalu.

Sejumlah nama kader PKS pun mulai bermunculan. PKS pun menyodorkan sejumlah nama, diantaranya inisiator #2019GantiPresiden Mardani Ali Sera dan mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan alias Aher.

Ketua DPP PKS, Aboe Bakar Al Habsyi, mengatakan kemungkinan besar Aher yang bakal menduduki kursi nomor dua di Jakarta itu. Terlebih, mantan gubernur Jawa Barat itu batal maju mencalonkan legislatif (Caleg) DPR RI.

Sebagaimana diketahui, Aher diminta DPP PKS untuk mengundurkan diri dari proses pencalonan itu, sehingga ia masuk ke dalam daftar calon sementara (DCS). Aher pun resmi mundur dari proses tersebut per 31 Juli 2018 lalu.

“Iya kalau dikatakan mungkin ya mungkin-mungkin aja, PKS santai-santai saja, kalau PKS dikasih kesempatan ya Alhamdulillah, kalau tidak dikasih kesempatan silahkan kasih yang lain, pasti orang juga berpikir PKS dapat apa saat ini. Semua nama itu serba mungkin,” kata Aboe Bakar di RSPAD, Jakarta, Senin (13/8).

Kendati demikian, terkait batas waktu pengganti Sandiga itu, ia mengaku belum mengetahuinya secara pasti. Namun, kata dia, jika dibutuhkan pasti cepat, menurutnya, ada yang tak beres dalam struktural pergantiannya.

“Ya saya belum tahu ada batas waktu apa tidak. Tapi biasanya kalau ada pergantian itu akan cepat, karena kalau tidak cepat itu biasanya ada yang sakit dalam struktural, padahal kalau di PKS itu ready semua SDM nya, di Gerindra ready di Demokrat ready di PAN, di PKS juga, jadi tinggal mau pilih yang mana,” imbuhnya.