Jumat, 29 Maret, 2024

Telkom Tingkatkan Kapasitas Fasilitator Rumah Kreatif BUMN

MONITOR, Jakarta – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) meningkatkan kapasitas para fasilitator Rumah Kreatif BUMN (RKB) kawasan Indonesia Timur. Ini dilakukan dalam rangka membawa pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Go Digital dan Go Global.

Bertempat di Ruang Rapat Kantor Telkom Denpasar 8 hingga 9 Agustus lalu, Tim RKB Telkom melakukan Training of Trainer (ToT) bagi fasilitator RKB kawasan Indonesia Timur.

ToT dibuka oleh GM Kandatel Bali I Komang Widnyana Karang didampingi Manager Pengembangan dan Pembinaan UKM RKB Telkom Divisi Business Service Jakarta, Budiarto, dan Manager Product Sourcing & Solution Development Ciput Gatot Agus Saksomo.

Dalam sambutannya, Komang berpesan agar fasilitor menjawab tantangan untuk memajukan UKM di daerahnya. “Jadikan Rumah Kreatif BUMN sebagai pusat kreatifitas yang men-drive para UKM sebagai engine ekonomi di sekitarnya,” katanya.

- Advertisement -

Hadir pada ToT ini, para fasilitator yang ditempatkan di Kawasan Indonesia Timur seperti Puncak Jaya, Manokwari, Sorong, Kepulauan Siau, Air Madidi dan lain-lain. Sebagian peserta bahkan belum pernah ke Bali.

Hari pertama peserta pelatihan mendapatkan 3 materi yang dilaksanakan sehari penuh di dalam ruangan. Membawakan materi tentang Rumah Kreatif BUMN, dijelaskan konten RKB mulai dari awal dibentuknya RKB oleh Menteri BUMN RI Rini Soemarno, maksud dan tujuan dibentuk RKB sampai dengan perkembangannya hingga saat ini yang disertai tanya jawab secara interaktif.

“Bekerja di RKB merupakan pekerjaan mulia dan banyak pahalanya karena bertugas membantu memajukan dan mengembangkan para UKM dalam membuat produk berkualitas dan memasarkannya secara online,” jelasnya.

Selanjutnya, Manajer Product Sourcing & Solution Development, Ciput Gatot AS, membawakan materi Wifi Corner yang akan dipasarkan para fasilitator di lokasi-lokasi UKM RKB yang tersebar di 41 lokasi seluruh Indonesia.

Materi terakhir disajikan oleh tim BLANJA.com yang marupakan marketplace bagi pemasaran hasil produksi UKM binaan RKB yang pasarnya tidak terbatas karena sudah Go Online.

OSM RKB Telkom, Sabri Rasyid menitipkan pesan agar fasilitator selalu menjaga endurance dalam memotivasi dan melayani UKM, membantu para UKM untuk berbagi ilmu dan selalu memanfaat sosial media dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari, termasuk menempelkan KPI di meja kerjanya.

Di hari kedua, peserta diajak mengunjungi lokasi-lokasi Wifi Corner sebagai benchmark sesuai realisasi di lapangan baik yang ada di lingkungan kantor Telkom maupun pihak lain yang merupakan mitra.

Pada kunjungan di sebuah warung yang tidak terlalu besar, para peserta tertarik karena omset penjualan vouchernya cukup besar yaitu 85 voucher per bulan. Dan menurut pemilik warung tersebut cukup bisa membantu manaikkan omset penjualan makanan dan minumannya karena menjadi tempat nongkrong.

Perjalanan dilanjutkan benchmark ke RKB BUMN lain dan dilanjutkan ke RKB Telkom yang berlokasi di samping Plaza Telkom Tabanan.

Sementara fasilitator Agung dan Tya mempresentasikan kegiatan melalui video dan dilanjutkan tanya jawab suka duka dan kendala yang ada.

Pada kunjungan ini, hadir beberapa UKM yang telah berhasil karena bantuan RKB. Salah satunya Ibu Made Ayu yang merupakan mantan perawat. Dia sudah merasakan hasil jualan produksi dupa berkat informasi yang diperoleh dari RKB Tabanan.

“Saya sebelumnya tidak tahu RKB itu apa, tetapi setelah saya tanya ke RKB ternyata bisa membantu ilmu berjualan saya yang sekarang sudah listing di blanja.com. Saya juga sudah pernah ikut pelatihan di sini. Pesanan dupa saya sekarang sudah diorder dari beberapa kota seperti Jakarta, Bitung, Palembang dan lain-lain,” jelas ibu Made Ayu sambil mempromosikan produk dupa Merta Pudak Wangi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER