Satpol PP Beri Pengamanan Super Ekstra di Tiga Kawasan Ibukota

Satpol PP menerjunkan para personilnya untuk mengamankan ibukota pada saat Asian Games berlangsung (dok: Asep Monitor)

MONITOR, Jakarta – Perhelatan Asian Games 2018 tinggal hitungan hari. Aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI bersiap untuk memberikan pengaman ekstra dalam pesta olah raga tingkat Asia ini.

Sejumlah wilayah pun sudah dipetakan untuk tingkat keamanan dan kewaspadaan. Kepala Satpol PP DKI Jakarta Yani Wahyu Porwoko mengakui, tingkat pengamanan ada beberapa tempat yang menjadi prioritas pengamanan.

“Ada tiga wilayah atau tempat yang mendapat pengaman ekstra 24 jam full. Tiga tempat itu, Stadion Gelora Bukarno (GBk), Wisma Atlet dan Monas,” ujar Yani saat Apel Gelar Pasukan Pengamanan Asian Games VIII-2018 di silang Monas, Jakarta Pusat.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Yani Wahyu Porwoko (dok: Asep Monitor)

Apel gelar pasukan ini diikuti lebih dari 500 personil Satpol PP dari tingkat kabupaten/kota dan provinsi.

Menurut Yani, apel gelar pasukan ini, bukti kalau Satpol PP DKI Jakarta sudah siap mengamankan dan mensuksekan  Asian Games VIII-2018.

“Ada sekitar 2.880 personel Satpol PP yang diterjunkan. Mereka dikerahkan ke titik-titik yang menjadi lokasi penyelenggaraan event,” tandasnya.

Lanjut Yani, ke-2.880 personel ini ada yang dlploting dan ada yang mobile. Yang ploting dibagi tiga shift, shift pertama pukul 06:00-14:00 WIB, shift kedua pukul 14:00-21:00 WIB, dan shift ketiga pukul 21:00-06:00 WIB,” tutur Yani.

Selain mengamankan pelaksanaan Asian Games pada 18 Agustus-2 September 2018, Satpol PP juga mengamankan pelaksanaan pawai obor Asian Games di tiap wilayah administrasi di Jakarta pada 15-17 Agustus 2018.