HUKUM

Transaksi di Jakarta, Bupati Labuhanbatu Diciduk KPK

MONITOR, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus bergrilya memburu para koruptor. Setelah berhasil mengamankan anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Eni Saragih, lembaga antirasuah itu menangkap Bupati Labuhanbatu, Sumatera Utara, Pangonal Harahap, Selasa (17/7/2018).

Juru Bicara KPK Febri Diansyah membenarkan jika tim bidang penindakan KPK tengah melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Katanya, kegiatan penindakan berlangsung di Kabupaten Labuhanbatu dan Jakarta.

Sedikitnya 5 orang diamankan dalam OTT tersebut. Hanya saja Febri belum bisa memastikan siapa saja, dan jabatan para pihak yang sudah diamankan.

“Memang benar ada kegiatan tim penindakan KPK di Labuhanbatu dan Jakarta. Sekitar 5 orang diamankan sampai dengan Selasa malam ini. Di antaranya ada unsur kepala daerah di sebuah daerah di Sumatera Utara dan juga unsur swasta ada tiga orang,” ujar Febri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (17/7/2018) malam.

Lebih lanjut Febri mengungkapkan, penangkapan lima orang tersebut dibagi dalam dua bagian. Dua orang ditangkap di Jakarta dan tiga orang diciduk di Sumatera Utara.‎

Penangkapan dilakukan setelah KPK mendapat informasi akan ada transaksional. Indikasi awal dugaannya terkait dengan proyek di Dinas PU sebuah kabupaten.

Febri mengatakan, ada beberapa barang bukti yang sudah disita KPK termasuk uang tunai sebesar Rp 500 juta. “Untuk sementara ada bukti transaksi senilai ratusan juta dan uang tunai yang sudah disita. Uang tunai sedang dihitung. Dua dari lima orang yang diamankan tersebut termasuk seorang kepala daerah sudah berada di KPK dan menjalani pemeriksaan,” ucapnya.

Recent Posts

Pelatih Indra Sjafri Panggil 37 Pemain untuk Ikuti TC Tim U-20 di Jakarta

MONITOR, Jakarta - Tim U-20 Indonesia kembali menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta mulai Minggu…

2 jam yang lalu

Menag Lantik Rektor IAIN Takengon dan IAIN Sorong

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini, Senin (29/04/2024)melantik Rektor Institut Agama…

4 jam yang lalu

Local Hero Pertamina Group Sabet 8 Penghargaan Kementerian LHK 2024

MONITOR, Jakarta – Pertamina Group berhasil memboyong 8 penghargaan pada ajang Festival Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan…

5 jam yang lalu

KORNAS PJN Gelar Doa Bersama Pasca Penetapan Prabowo-Gibran oleh KPU

MONITOR, Pemalang - Koordinator Nasional Pergerakan Jiwa Nusantara (KORNAS PJN) menggelar acara doa bersama dan…

5 jam yang lalu

Wacana Kenaikan Tarif KRL Ancam Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

MONITOR, Jakarta - Wacana kenaikan tarif Commuter Line oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menempatkan masyarakat Jabodetabek pada tantangan…

6 jam yang lalu

Kemenpora Dukung Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23, Tapi Tidak Boleh Dikomersilkan

MONITOR, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) merespons soal isu pelarangan…

7 jam yang lalu