Selasa, 23 April, 2024

Zulhas Masih Menyayangkan Kunjungan Wantimpres ke Israel

MONITOR, BSD City – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan Indonesia hingga kini terus mendukung kemerdekaan yang digelorakan rakyat Palestina atas penjajahan Israel. Menurutnya, dukungan tersebut sudah menjadi perintah dalam konstitusi.

Zulhas, demikian sapaannya, mengatakan bahwa tindakan keji yang dilakukan pasukan Israel terhadap sipil Palestina patut dikecam. Bahkan dia menegaskan, nilai kemanusiaan tidak melihat latar belakang pelaku didalamnya.

“Itu jelas melanggar konstitusi. Karena kita mendukung Palestina, mengutuk Israel. Bukan karena Islam atau non Islam. Ini karena asas kemanusiaan, perintah konstitusi,” tegas Zulhas saat menghadiri Halal Bihalal keluarga besar Muhammadiyah Tangerang Selatan di Komplek Al Azhar, Bumi Serpong Damai, Sabtu (14/7).

Menyoal peran Indonesia dalam konteks Israel-Palestina, Zulhas menganggap kunjungan yang dilakukan anggota Wantimpres Yahya Cholil Staquf beberapa waktu lalu ke Israel, sangat disayangkan. Pasalnya, Indonesia tengah memperjuangkan kedaulatan rakyat Palestina dari Israel.

- Advertisement -

“Ini gak ada hubungan diplomatik, malah datang, Wantimpres malah datang ke acara Israel. Kalau ngga ada hubungan diplomatik, kok malah datang,” kritik Ketua Umum PAN ini.

Zulhas menambahkan, meski Staquf sudah mengklarifikasi kedatangannya ke Israel bukan mengatasnamakan Wantimpres, namun ia tetap ngotot menyayangkan sikap yang ditempuh Staquf secara pribadi.

“Ya gak bisa dipisahkan, bilangnya tidak mewakili Wantimpres, tetap saja dia (Staquf) kan Wantimpres,” imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER