Kamis, 28 Maret, 2024

Paslon Aswari-Irwansyah Akui Kemenangan Herman Deru di Pilgub Sumsel

MONITOR, Palembang – Pasangan Calon (Paslon) Gubernur Pilkada Sumatera Selatan (Sumsel) 2018 nomor urut 2, Aswari Rifai – M Irwansyah secara tegas mengakui kemenangan Herman Deru-Mawardi Yahya yang dinyatakan unggul oleh hitung repat tau quick count sejumlah lembaga survei, Aswari juga menyatakan legowo dengan hasil suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel 2018.

Menurut Aswari dikutip dari laman fornews.co, sebagai orang yang berjiwa besar, dari awal paslon nomor 2 sangat menghormati karena pilkada berjalan dengan santun tanpa ada kericuhan.

“Ketika dinyatakan keunggulan 4% untuk paslon nomor urut 1 baik itu dalam quick count maupun segala macam, kita nyatakan kita dukung paslon 1 untuk jadi gubernur sumsel. Selama datang gubernur Sumsel pak Herman Deru,” katanya di Kantor DPD Partai Gerindra Sumsel, Rabu (04/07).

Dari awal, lanjut Aswari pihaknya sudah melihat bahwa paslon nomor urut 1 lebih unggul. Memang ada pesaing dari paslon nomor urut 4, tapi istilahnya belum total unggul pada waktu itu. Pihaknya juga melihat kondisi di lapangan, paslon nomor urut 1 itu mengakar dan diterima oleh masyarakat langsung.

- Advertisement -

“Saya mendukung yang menang dan selesai. Pasangan nomor urut 1 dengan selisih suara sekitar 4% itu luar biasa, bukan sesuatu yang kecil.  Ini sudah kita dukung, paslon nomor urut 2 tidak mengajukan keberatan, karena kita melihat secara fair dan wajar,” tegasnya.

Saat ditanya tentang potensi Pemungutan Suara Ulang (PSU) terhadap hasil Pilgub Sumsel, Aswari mengaku psimis. Pasalnya, menurut Aswari Pilkada Sumsel sudah berjalan kondusif. Untuk itu dirinya meminta kepada para calon khususnya nomor 4 untuk mengakui keunggulan Herman Deru-Mawardi Yahya terlebih Sumatera Selatan dalam waktu dekat akan bersiap menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

“Rating dari awal itu, paslon nomor 1 memang lebih tinggi, nomor 2 tidak bisa menyusul, nomor 3 dibawah nomor 1 dan nomor 4 pun seperti itu. Nah kita harus akui dan legowo. Kalau mau bicara kecurangan, apa semua tidak ada yang curang, semuanya berjuang untuk menang. Sekarang kita harus menjaga, mengapa saya bilang legowo, karena sebentar lagi Sumsel ada even besar Internasional Asian Games,” jelasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER