Jumat, 19 April, 2024

Jaga Kesehatan Mata Setelah Memakai Kacamata Seharian dengan Cara Berikut

MONITOR – Apakah Anda termasuk salah satu orang yang berkacamata? Memang, tidak semua orang cukup beruntung untuk memiliki kondisi organ mata yang sehat. Sejumlah kelainan pada mata umumnya disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti rabun jauh, rabun dekat, maupun katarak.

Nah, bagi Anda yang memakai kacamata sepanjang waktu, tentu banyak mitos yang beredar mengenai apa-apa yang harus dihindari.

Karenanya, yuk kenali pengaruh kacamata pada penglihatan Anda serta hal-hal yang harus dilakukan setelah memakai kacamata seharian berikut ini!

Apa saja pengaruh memakai kacamata seharian?

- Advertisement -

Berkebalikan dengan banyak mitos yang beredar, sejatinya memakai kacamata seharian tidak memberikan dampak khusus pada kesehatan mata Anda.

Hal ini tidak akan membuat penglihatan Anda menjadi lebih buruk, ataupun membuat mata Anda menjadi lelah.

Bahkan, meskipun Anda menggunakan ukuran lensa kacamata yang lebih besar dari seharusnya, hal ini tidak akan memberikan pengaruh apapun pada kesehatan mata.

Justru, memakai kacamata lebih disarankan oleh dokter dibandingkan memasang softlens untuk membantu kemampuan penglihatan bagi para penderita rabun jauh, rabun dekat, serta katarak.

Memakai kacamata akan membuat penglihatan Anda menjadi lebih baik, dan karena dapat melihat lebih jelas, maka banyak orang yang senang menggunakannya sepanjang hari tanpa jeda.

Ketergantungan pada kacamata ini bukanlah hal yang dilarang, dan Anda boleh-boleh saja mengenakannya sepanjang waktu jika memang dibutuhkan dan membuat Anda merasa nyaman.

Hanya saja, beberapa orang mungkin akan merasa sakit kepala atau pegal di area sekitar telinga, jika menggunakannya terlalu lama.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan setelah memakai kecamata seharian?
Memakai kacamata seharian memang tidak akan mempengaruhi kesehatan mata Anda seperti yang banyak dibicarakan.

Namun, tetap ada hal-hal yang harus Anda perhatikan setelah memakai kacamata seharian, di antaranya :

1. Bersihkan lensa kacamata secara rutin

Setelah digunakan seharian, kacamata Anda bisa saja kotor dan debu bisa menumpuk di sela-selanya. Jangan sampai hal ini berujung pada berkembangnya bakteri penyebab penyakit di lensa kacamata. Tak hanya itu, lensa kacamata yang tak pernah dibersihkan bisa juga menjadi buram karena debu yang menempel lama. Jika ini terjadi, Anda tentu harus mengganti lensanya dengan yang baru.

2. Lepaskan kacamata sebelum tidur

Hal ini demi menghindari rasa pegal di telinga atau rasa sakit di kepala ketika Anda bangun tidur keesokan paginya. Selain itu, melepas kacamata saat tidur dipercaya dapat memberikan tidur yang berkualitas serta badan terasa lebih segar keesokan harinya.

3. Jangan membaca dengan cahaya redup

Setelah memakai kacamata seharian, hindari membaca dalam gelap ataupun dengan cahaya yang redup. Membacalah di ruangan yang cukup terang, namun jangan terlalu terang. Hindari pula membaca sembari berbaring selagi mengenakan kacamata.

4. Jangan menonton televisi terlalu dekat

Meskipun telah seharian berkacamata, beberapa dari Anda masih butuh memakainya saat menonton TV di malam hari. Dalam kasus ini, hindari menonton terlalu dekat dengan layar TV.

5. Hindari menggosok mata dengan tangan setelah melepas kacamata

Pasalnya, tangan merupakan rumah dari segala virus dan bakteri yang tanpa sengaja Anda sentuh. Karenanya, hindari menggosok mata setelah melepas kacamata di malam hari, guna menghindari infeksi virus dan bakteri.

Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang apa yang harus dilakukan setelah memakai kacamata seharian. Semoga bermanfaat!

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER