Jumat, 29 Maret, 2024

Sambut Musim Mudik, Jalan Tol Solo-Ngawi Siap Beroperasi

MONITOR, Solo – Lebaran tinggal menghitung beberapa pekan lagi. Para pemudik jurusan Solo-Ngawi diharapkan tak perlu cemas akan padatnya arus mudik. Pasalnya Jasa Marga menyatakan siap mengoperasikan jalan Tol Solo-Ngawi dalam waktu dekat.

Hal ini dibuktikan dari keterangan Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. JL.10-10-Db/589 tanggal 28 Mei 2018, yang menyatakan bahwa Jalan Tol Solo-Ngawi (Segmen Kartasura-Sragen) laik operasi. Dengan demikian, dipastikan pemudik dapat menggunakan fasilitas tol tersebut selama mudik berlangsung.

Meski begitu, PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. yang membangun jalan tol sepanjang 90,25 Km tersebut harus melakukan sosialisasi terkait keberadaan jalan tol sebelum dilakukan penetapan tarif oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perubahan Rakyat (PUPR).

Dwimawan Heru selaku corporate communication PT Jasa Marga menyatakan, jalan tol yang tergabung dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut akan dioperasikan fungsional menjelang pelaksanaan arus mudik dan balik lebaran 2018.

- Advertisement -

“Dukungan infrastruktur Jalan Tol Solo-Ngawi menjadi salah satu upaya dalam memecah masalah transportasi darat dan konektivitas baru yang dapat berdampak positif bagi ekonomi kawasan secara umum,” ujar Heru dalam keterangan yang diterima MONITOR, Jumat (1/6).

Ia menjelaskan, jalan Tol Solo-Ngawi ini dilengkapi dengan lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Kartasura (Ngasem), GT Solo (Klodran), GT Karanganyar (Kebakkramat), GT Sragen (Pungkruk), dan GT Ngawi (Kota Ngawi). Untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses jalan tol, PT SNJ juga mempersiapkan simpang susun di GT Bandara Adi Soemarmo Boyolali, GTl Purwodadi, dan GT Sragen Timur.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER