Sabtu, 20 April, 2024

8 Menu Berbuka Puasa Unik dari Seluruh Dunia, Wajib Dicoba!

MONITOR – Pernahkah Anda bertanya-tanya, dengan menu apa orang-orang di seluruh penjuru dunia berbuka puasa? Tentunya, setiap negara di berbagai belahan dunia memiliki menu khas tersendiri untuk membatalkan puasa sehariannya. Menu apa saja sih yang menjadi favorit masing-masing negara? Siapa tahu bisa menjadi referensi untuk buka puasa kamu.

Yuk, simak ulasan menu berbuka puasa unik dari seluruh dunia berikut ini!

1. Roti Pide (Turki)

Menu berbuka puasa unik dari seluruh dunia pertama berasal dari Tukri, Roti Pide merupakan roti tradisional khas Turki yang hanya dijual selama bulan Ramadhan, dengan topping berupa daging giling, sosis, telur, dan hal-hal mengenyangkan lainnya.

- Advertisement -

Terlihat tidak sehat? Tenang, Roti Pede hanya disajikan sebagai menu makan malam, sebagai pemasok energi yang hilang seharian. Untuk berbuka di waktu adzan, warga Turki tetap mengandalkan teh manis, kok.

2. Nasi Briyani (Singapura)

Menu berbuka puasa unik dari seluruh dunia yang kedua. Negara tetangga Indonesia yang satu ini memiliki menu makan malam yang hampir sama dengan Indonesia, yaitu nasi. Hanya saja, nasi ini dimasak dengan rempah-rempah, dan diberi tambahan sayuran dan daging (kadang telur). Tak ketinggalan, nasi ini juga diberi sedikit kuah santan yang menambah rasa sedapnya.

3. Samosa (Pakistan)

Menu berbuka puasa unik dari seluruh dunia yang ketiga. Sama dengan Turki, menu berbuka puasa unik dari negara ini adalah Samosa, makanan yang terbuat dari campuran daging, bawang, dan kentang. Semua bahan ini dibungkus oleh semacam kulit pangsit, dan dibentuk segitiga. Rasanya? Jangan ditanya, benar-benar enak dan mengenyangkan!

4. Harees (Uni Emirat Arab)

Menu berbuka puasa unik dari seluruh dunia yang keempat. Menu tradisional negara ini, yaitu Harees, terbuat dari barley, gandum, mentega, dan berbagai macam daging yaang dimasak di dalam oven hingga meleleh dan menyatu.

Harees merupakan menu berbuka yang sangat populer, karena kandungan protein dan karbohidratnya cukup untuk memulihkan energi selama berpuasa. EIts, menu ini bisa juga dihidangkan saat sahur, lho!

5. Harira (Moroko)

Menu berbuka puasa unik dari seluruh dunia yang kelima adalah Harira, merupakan menu berbuka puasa unik dari Moroko yang berisi berbagai potongan daging, dan dibumbui dengan berbagai macam rempah.

Berwujud semangkuk sop yang teramat wangi, Harira diolah menggunakan bawang, tomat, jahe, merica, dan seledri. Untuk makan malam setelah berbuka, hidangan ini biasa disantap bersama nasi, guna membuat tubuh segar kembali. Hebat, bukan?

6. Medames (Mesir)

Menu berbuka puasa unik dari seluruh dunia yang keenam adalah Medames. Menu tradisional Mesir yang satu ini biasanya dihidangkan sebagai menu sarapan di pagi hari.

Namun, saat Ramadhan tiba, fungsinya berubah sebagai menu utama berbuka puasa. Medames terbuat dari kacang-kacangan yang dimasak dengan bawang merah, bawang putih, serta minyak sayur.

Tak ketinggalan, air lemon pun ditambahkan pada akhirnya. Medames dikenal sebagai makanan ringan penambah energi, yang kaya akan gizi, vitamin, dan protein.

7. Fattoush salad (Lebanon)

Di Lebanon, mereka yang beragama Muslim umumnya bebuka puasa dengan semangkuk fattoush salad segar. Isinya? Tentu saja sayur-mayur segar yang disertai potongan roti pita gurih.

Berbuka dengan campuran salad dan roti sangat sehat, lho. Pasalnya, roti memiliki karbohidrat dan protein yang dapat mengembalikan energi, sementara sayur hijau kaya serat yang dapat menetralkan pencernaan Anda.

8. Pakora (India)

Menu berbuka unik dari seluruh dunia yang terakhir adalah pakora, yang jika dilihat sekilas tampak mirip dengan bakwan khas Indonesia. Makanan satu ini tergolong santapan ringan dan disajikan sebagai menu pembuka.

Pakora, sederhana saja, terbuat dari rempah-rempah, bawang, sayuran, dan tepung. Tentu menu ini sebenarnya tak terlalu sehat. Namun, cocok sebagai pengganjal perut di tengah-tengah kesibukan saat berbuka.

Nah, itu dia 8 menu berbuka puasa unik dari seluruh dunia. Selamat berbuka puasa, ya!

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER