Sabtu, 20 April, 2024

Ini Dia, Menu Buka Puasa untuk Penderita Maag

MONITOR – Pada dasarnya, penderita penyakit maag tidak boleh telat makan dan membiarkan perut dalam keadaan kosong dalam waktu yang lama. Padahal, jika Anda mengetahui menu buka puasa untuk penderita maag, tidak perlu lagi merasa khawatir penyakit Anda akan kambuh selama berpuasa.

Seperti yang telah kita ketahui, mereka yang menderita penyakit maag tidak boleh telat makan dan membiarkan perut dalam keadaan kosong dalam waktu yang lama. Lantas, bagaimana menyiapkan perut yang akan dibiarkan selama lebih dari 12 jam selama berpuasa?

Berikut menu buka puasa untuk penderita maag yang bisa Anda coba!

Bagi Anda yang belum tahu, sakit maag terbagi menjadi dua kategori, yaitu maag fungsional dan dispepsia organik. Maag fungsional terjadi jika penderitanya makan tidak teratur, makan makanan berlemak, minuman bersoda, kopi, stres dan merokok, tanpa ada kerusakan berarti di dalam lambung. Sedangkan maag organik terjadi karena adanya sesuatu yang tidak normal di dalam lambung.

- Advertisement -

Nah, jika Anda ingin melaksanakan ibadah puasa dengan tenang, tentunya ada beberapa menu buka puasa untuk penderita maag yang sebaiknya diikuti, nih!

1. Buah

Buah merupakan sumber karbohidrat, serat, kalium dan magnesium yang baik bagi penderita maag.
Selain buah kurma, buah papaya juga dianjurkan untuk disantap ketika berbuka puasa. Buah papaya memiliki khasiat untuk meredakan rasa nyeri pada lambung. Hindarilah mengonsumsi buah yang memiliki banyak serat.

2. Kacang almond

Kacang Almond memiliki banyak kandungan protein dan serat, sehingga bisa direkomendasikan saat berpuasa.
Buah satu ini bisa menjadi menu buka puasa untuk penderita maag karena memiliki sumber nutrisi seperti karbohidrat kalium dan magnesium yang baik bagi tubuh.

3. Tahu dan tempe

Dua makanan ini tidak mengandung banyak lemak sehingga aman untuk dikonsumsi bagi penderita maag. Telur rebus, telur ceplok, dan ikan. Bubur ayam juga sangat baik dikonsumsi karena makanan ini mudah dicerna.

Sedangkan untuk pilihan minuman, ada beberapa pilihan menu buka puasa untuk penderita maag yang baik bagi tubuh Anda, ini dia beberapa pilihannya:

1. Minumlah air mineral dengan kadar yang banyak untuk menggantikan hilangnya cairan dalam tubuh selama berpuasa. Anda dianjurkan untuk meminum air mineral sebanyak delapan gelas per hari.

2. Minumlah segelas susu ketika sedang makan. Minum susu dapat mengurangi gejala maag.

3. Minum air putih, jus buah yang tidak mengandung rasa asam, dan minuman yang mengandung banyak potassium. Hal ini ditujukan agar tubuh bisa menyesuaikan diri dengan sendirinya ketika sedang berpuasa.

4. Air kelapa muda juga dianjurkan untuk menu buka puasa untuk penderita maag. Air kelapa memiliki khasiat mengurangi rasa sakit maag dan baik untuk kesehatan.

Nah, itu dia penjelasan mengenai menu buka puasa untuk penderita maag. Jika penyakit maag yang Anda derita termasuk kronis, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter Anda sebelum melaksanakan ibadah puasa. Semoga bermanfaat!

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER