Jumat, 29 Maret, 2024

Waspada, Cacing Parasit Dapat Menimbulkan Berbagai Jenis Penyakit

MONITOR- Saat ini diyakini bahwa ada lebih dari 3 juta orang di seluruh dunia yang dijangkiti cacing parasit. Umumnya, cacing ini mendekam di usus dan menyebabkan gangguan pencernaan yang meliputi nyeri perut, kram, atau nyeri perut.

Namun, sebuah penelitian yang dilansir dari boldsky.com menjelaskan bahwa tidak hanya gangguan pencernaan saja yang bisa terjadi akibat serangan cacing parasit.

Berikut adalah penyakit yang bisa muncul karena adanya cacing parasit dalam tubuhmu.

1. Demam dan mudah lelah
Selain diare, cacing parasit bisa membuat seseorang mengalami demam dan kelelahan. Dan saat serangan ini datang, dehidrasi juga mulai mengintai tubuhmu.

- Advertisement -

2. Anemia
Cacing parasit mampu membuat penderitanya jadi anemia, obstruksi usus, malabsorpsi. Hal ini disebabkan karena cacing akan menyedot nutrisi makanan yang dikonsumsi serta sel darah merah. Itulah sebabnya anak yang cacingan mengalami gizi buruk.

3. Pembesaran hati
Selain pencernaan, hati juga menjadi tempat bersarangnya cacing parasit. Dan saat cacing parasit menyerang hati, maka bisa terjadi pembesaran hati.

4. Permasalahan sistem saraf
Pada tubuh manusia, cacing parasit menyerang sistem saraf dan menimbulkan masalah neurologis. Gejalanya dimulai dari gatal-gatal, mata merah, dan berair. Selain itu, cacing parasit juga bisa menyerang paru-paru yang ditandai dengan gejala batuk tak berkesudahan.

Selain penyakit di atas, cacing parasit mampu membuat sakit kepala, kulit gatal, serta iritasi lainnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER