Jumat, 29 Maret, 2024

Menyesuaikan Strategi Menabung dengan Kepribadian

MONITOR – Setiap dapat uang saku atau gajian, niatnya pasti menyisihkan sebagian untuk ditabung. Kenyataannya? Sangat susah untuk dilakukan! Apalagi kalau sudah melihat tanda merah bertuliskan sale yang melambai di kejauhan, rasanya niat menabung langsung rontok karena godaan diskon.

Agar masa depan tak runyam karena pengeluaran tidak terkendali, bagaimana jika Anda mencoba metode menabung yang bisa disesuaikan dengan karakter keuangan Anda.

Yuk, cari tahu dulu apa tipe kepribadian Anda lalu jalankan strategi menabung yang sesuai.

1. Si Semangat Di Awal
Anda mungkin termasuk tipe ini kalau biasanya menabung banyak di awal, tapi perlahan terus berkurang dan malah jadi tidak menabung sama sekali. Untuk tipe kepribadian ini, Anda sangat disarankan untuk menjalankan strategi menabung secara bertahap. Sebagai awal, tetapkan besaran target tabungan yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu. Setelah itu mulailah menabung dalam jumlah kecil, tapi tambah jumlahnya sedikit demi sedikit setiap bulan, tanpa melampaui target yang sudah ditentukan. Cara ini akan membuat Anda terus bersemangat untuk menabung setiap bulan.

- Advertisement -

Untuk membantu supaya Anda terus disiplin menabung, minta teman atau anggota keluarga untuk menjadi accountability partner Anda. Selain melakukan pengecekan berkala untuk melihat apakah Anda menabung sesuai jadwal dan target tabungan tercapai, mereka juga bisa pengingat dan penyemangat agar Anda semakin giat menabung. Kalau sudah begini, Anda jadi makin terarah untuk menabung.

2. Si Perencana Jangka Panjang
Orang dengan tipe kepribadian ini biasanya sudah membuat rencana masa depan finansial yang sangat matang, mulai dari alur waktu sampai sumber uangnya tapi bisa kehilangan arah saat ada masalah tidak terduga yang datang. Faktanya, tidak ada yang pernah bisa menduga apa yang akan terjadi dalam hitungan hari, bulan, apalagi tahun. Jadi bagaimana kalau mendadak Anda harus berhenti bekerja, atau ada pengeluaran kesehatan yang tidak terduga? Untuk tipe kepribadian ini, besar kemungkinan Anda jadi malas untuk menabung lagi, karena keadaan tidak sesuai dengan rencana semula.

Strategi menabung yang cocok untuk Anda adalah membagi rencana besar untuk jangka panjang menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Sesuaikan target menabung setiap 6 atau 3 bulan sekali, agar Anda bisa fokus dan lebih mudah melakukan antisipasi jika terjadi hal yang tidak diperkirakan sebelumnya.

3. Si Tidak Tahan Godaan
Ini nih, tipe yang paling susah untuk menabung. Saking tidak kuat menahan godaan diskon dan promo, uang yang tadinya dianggarkan untuk menabung pun melayang ditukar dengan barang baru yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Hayo, apa Anda termasuk tipe kepribadian ini?

Tenang, ada strategi ampuh yang bisa membuat Anda disiplin menabung. Caranya mudah kok, cukup hubungi bank untuk secara otomatis mendebet sejumlah uang dari rekening Anda pada tanggal tertentu setiap bulannya untuk dimasukkan ke rekening terpisah yang sudah Anda buat sebelumnya.

Asalkan rekening terpisah ini tidak disertai kartu ATM, pasti Anda tidak gampang tergoda dan komitmen untuk menabung bisa terus terjaga.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER