NASIONAL

Survei Indikator: Head to Head, Jokowi Pukul Telak Prabowo 60,6%

MONITOR, Jakarta – Indikator Politik Indoneisa merilis hasil surveinya yang bertajuk Dinamika Elektoral Jelang Pilpres dan Pileg Serentak 2019, Kamis (4/5). Dalam survei tersebut salah satunya diketahui, bila pemilihan presiden dilakukan sekarang, maka Joko Widodo (Jokowi) lebih unggul dibandi pesaing terdekatnya, yakni Prabowo Subianto.

Simulasi yang yang dihadapkan kepada responden, untuk nama-nama calon presiden dilakukan sebanyak lima kali, yakni pertama simulasi lima nama, empat nama, tiga nama, hingga dua nama saja yang menempatkan head to head Jokowi dengan Prabowo.

Untuk Simulasi lima nama, Indikator Politik Indonesia menempatkan nama Agus Harimurti Yudhoyono (2,9%), Anies Baswedan (4,1%), Gatot Nurmantyo (2,9%), Joko Widodo (56,5%), Prabowo Subianto (24,2%), dan 9,5% responden tidak tahu atau tidak menjawab.

Survei Indikator Politik Indonesia (Diagram: Indikator Politik Indonesia)

Untuk simulasi empat nama, dua tertinggi masih ditempati Jokowi (57,3%) dan Prabowo (25,2) persen. Sementara Anies Baswedan dan Gatot Nurmantyo masing-masing memperoleh presentase 4,5% dan 3,3%.

Jokowi pun masih unggul pada simulasi tiga nama, yakni Gatot Nurmantyo (3,6%), Joko Widodo (59,3%) dan Prabowo Subianto (27,3%). Hingga ketika dihadapkan hanya Jokowi dengan Prabowo, Jokowi mendapatkan presentase 60,6%, sementara Prabowo 29,0%. Pada simulasi ini, responden yang tidak tahu atau tidak menjawab berjumlah 10,4%.

Untuk informasi, survei tersebut dilakukan Indikator Politik Indonesia pada Maret 2018. Sementara data survei tersebut juga dilengkapi dengan temuan survei nasional sebelumnya yakni pada Februari 2018 dan Survei opini publik yang dilakukan di Provinsi Jawa Barat pada 5-13 Maret 2018 dan Provinsi Jawa Tengah, 12-21 Maret 2018.

Recent Posts

Yandri Susanto: Pemilu Telah Usai, Mari Bersatu Kembali

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua MPR RI H Yandri Susanto S.Pt mengajak seluruh masyarakat Indonesia…

2 jam yang lalu

Pelatih Indra Sjafri Panggil 37 Pemain untuk Ikuti TC Tim U-20 di Jakarta

MONITOR, Jakarta - Tim U-20 Indonesia kembali menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta mulai Minggu…

7 jam yang lalu

Menag Lantik Rektor IAIN Takengon dan IAIN Sorong

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini, Senin (29/04/2024)melantik Rektor Institut Agama…

8 jam yang lalu

Local Hero Pertamina Group Sabet 8 Penghargaan Kementerian LHK 2024

MONITOR, Jakarta – Pertamina Group berhasil memboyong 8 penghargaan pada ajang Festival Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan…

9 jam yang lalu

KORNAS PJN Gelar Doa Bersama Pasca Penetapan Prabowo-Gibran oleh KPU

MONITOR, Pemalang - Koordinator Nasional Pergerakan Jiwa Nusantara (KORNAS PJN) menggelar acara doa bersama dan…

10 jam yang lalu

Wacana Kenaikan Tarif KRL Ancam Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

MONITOR, Jakarta - Wacana kenaikan tarif Commuter Line oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menempatkan masyarakat Jabodetabek pada tantangan…

11 jam yang lalu