Selasa, 23 April, 2024

Kemenkop dan UKM Dorong UKM Indonesia Tingkatkan Iklim Kompetitif

MONITOR, Jakarta- Sejumlah UKM yang sebelumnya difasilitasi oleh Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM akhirnya memenangkan kompetisi Inacraft 2018 dalam berbagai kategori. UKM binaan Kementerian ini menyajikan berbagai inovasi desain dengan konsep eco friendly and sustainable.

UKM yang memenangkan kompetisi di Inacraft 2018 diantaranya Mohoi (Juara 1 Emerging Talent), Ruaya (Juara 1 Best Product Kategori Kayu), Studio Hiji (Juara 2 Best Product Kategori Kayu), Janédan (Juara 1 Best Product Kategori Kulit), dan Alur Bambu (Juara 3 Best Product Kategori Serat Alam).

Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM, I Wayan Dipta berharap bahwa para UKM Indonesia yang inovatif tersebut dapat meningkatkan iklim kompetitif yang makin mendorong lahirnya inovasi produk baru khususnya di bidang kerajinan.

“Produk-produk yang telah difasilitasi tersebut sangat mampu berkompetisi di pasar global yang sudah masuk ke pasar internasional,” kata Wayan di Jakarta, Senin (30/4).

- Advertisement -

Kemenkop dan UKM untuk tahun 2018 ini berpartisipasi kembali di Inacraft ke-20 dengan memberikan fasilitasi kepada 14 UKM unggulan yang berasal dari Provinsi Jawa Barat, Jakarta, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Bali, Jawa Timur, dan Kalimantan Tengah.

“Produk bisa dikategorikan sebagai unggulan apabila memiliki desain yang menarik, inovatif, memiliki ciri khas, dan memajukan kearifan lokal potensi budaya di Indonesia, serta berorientasi pasar internasional,” papar Wayan.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Deputi Pemasaran, Herustiati juga berharap bahwa para UKM Indonesia dapat terus meningkatkan kreativitas dan inovasinya dalam pengembangan produk sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing khususnya di pasar internasional.

Acara Inacraft ke-20 telah dibuka pada tanggal 25 April 2018 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla, serta didampingi Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Bapak Triawan Munaf.

Inacraft tahun 2018 mengangkat tema ‘The Loftiness of North Sumatera’ yang mengangkat budaya Sumatera Utara sebagai ikon pameran tersebut.

Perlu diketahui, Inacraft adalah pameran kerajinan terbesar di wilayah Asia Tenggara yang berlangsung setiap tahunnya di bulan April di area Jakarta Convention Center.

Adapun hasil transaksi yang diperoleh dari 14 UKM yang telah difasilitasi Kemenkop UKM pada Inacraft 2018, yakni mendapatkan penjualan ritel sampel produk sebesar Rp. 497.805.000, dan transaksi order potensial sebesar Rp. 2.584.750.000 melalui buyer domestik maupun buyer internasional.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER