Jumat, 26 April, 2024

Fokus EBT, Dewan Energi Nasional Komitmen Rampungkan REUD Akhir Juni

MONITOR, Jakarta – Pemerintah terus giat mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT) di setiap daerah. Ini menjadi komitmen bersama sidang Dewan Energi Nasional (DEN) ke-25 saat menyusun Rencana Umum Energi Daerah (RUED).

"Karena RUED adalah jabaran dari RUEN (Rencana Umum Energi Nasional) dan RUEN adalah jabaran dari KEN (Kebijakan Energi Nasional). Tujuan yang paling pokok adalah untuk (mencapai bauran) 23 persen di tahun 2025, yaitu Energi Baru Terbarukan dan ini yang ditekankan oleh Ketua Harian DEN, Pak Menteri ESDM," ujar anggota DEN Dwi Hary S, Selasa (27/3) kemarin.

Hary menambahkan, untuk mempercepat prosesnya, maka pemerintah pusat melakukan pembinaan dalam penyusunan RUED-Provinsi (RUED-P). Hasilnya, semua provinsi telah melakukan pengumpulan data dan pemodelan RUED.

Perlu diketahui, pada tahapan draft rancangan peraturan daerah (Raperda), DEN menyebutkan provinsi Bengkulu, Kalimantan Utara dan Nusa Tenggara Timur sedang dalam penyusunan. Sedangkan tiga provinsi lainnya, seperti Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Barat telah merampungkan penyusunan draft Raperda RUED.

- Advertisement -

Keberadaan RUED-P, akan dijadikan pedoman utama bagi Pemerintah Daerah dalam pengelolaan energi di daerah pada masa mendatang.

"Dalam RUED ini mengandung target atau sasaran yang dicapai oleh daerah dalam menjamin kecukupan atau ketahanan energi ke depan," jelas Sekretaris Jenderal DEN, Saleh Abdurrahman.

DEN menargetkan seluruh penyelesaian RUED-P akan tercapai pada bulan Juni tahun ini. "Kami targetkan Juni selesai, untuk siap masuk ke peraturan daerah," tegas Pudji.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER