Sabtu, 20 April, 2024

Pantauan Kakorlantas, Lalin Jabar dan Jateng Padat

MONITOR, Brebes – Lalu lintas di sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Barat padat. Arus lalu lintas di Brebes Timur Exit (Brexit) juga berpotensi macet.

Hal itu dikatakan Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa, pada rilis persnya pada Minggu malam (24/12).

"Hari ketiga digelarnya Operasi Lilin 2017, Minggu (24/12), sejumlah wilayah di Jawa Barat dan Jawa Tengah mengalami kepadatan lalu lintas imbas dari peningkatan volume kendaraan," kata Royke

Pantauan arus lalu lintas, oleh Royke, melalui CCTV di Pos Pengamanan Terpadu Ops Lilin Candi 2017 di Brebes Exit (Brexit). Royke didampingi Wadirlantas Polda Jateng AKBP Windro Akbar Panggabean dan Kapolres Brebes AKBP Sugiarto dalam kesempatan itu.

- Advertisement -

"Untuk wilayah Cikarang Utama terjadi kepadatan sejak Minggu siang, sehingga berpotensi terjadi kepadatan nantinya di Brexit, termasuk ke wilayah Pemalang dan Pekalongan," jelasnya.

Sebab di wilayah Pekalongan, menurut Royke, sedang digelar kegiatan keagamaan. Sehingga, begitu volume bertambah nantinya akan memperparah bottleneck tersebut.

"Saat ini kendaraan mengekor hingga Kabupaten Pekalongan dengan kecepatan rata-rata kendaraan 10-20 km/jam," tuturnya.

Royke menegaskan pengatutan lalu lintas telah dilakukan di Pekalongan untuk mengurai kepadatan yang ada sejak semalam. Namun, masih terjadi antrean yang panjang.

"Ini bisa menjadi ancaman, buangan dari Jakarta khususnya Cikarut. 4 hingga 5 jam ke depan, apabila tidak ada perbaikan yang kondusif di Pekalongan ini bisa memperparah keadaan," ujar Kakorlantas.

Petugas Kepolisian, sambungnya, siap mengurai kemacetan tersebut secara maksimal agar pada pengendara tidak terjebak kemacetan lebih lama lagi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER