Kamis, 28 Maret, 2024

‘Jabar Lautan Kopi’ Raih Rekor Dunia

MONITOR, Bandung – Acara Jabar Lautan Kopi yang diramaikan sekitar  1.000 barista dan pecinta kopi di Halaman Gedung Sate, Bandung, Sabtu, berhasil memecahkan rekor dunia untuk aksi menyeduh kopi bersama selama 30 detik.

Rekor itu dicatat oleh lembaga rekor dunia asal Inggris, Record Holder Republic (RHR), dan diserahkan oleh perwakilan pengawas RHR untuk Indonesia, Lia Mutiasari, kepada Gubernuer Jawa Barat Ahmad Heryawan yang juga turut ambil bagian dalam pemecahan rekor tersebut.

Selain didampingi para barista dan sang istri Netty Heryawan, Gubernur yang akrab disapa Aher ini menyeduh kopi bersama Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto selama 30 detik di atas meja yang ditelah disedikan oleh panitia.

Ajang yang digagas oleh Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat tersebut, menurut Gubernur Aher, bermanfaat untuk meningkatkan edukasi, sosialisasi, promosi, apresiasi manfaat minum kopi Arabika Java Preanger kepada masyarakat. 

- Advertisement -

"Yang terdaftar ikut Brewing Kopi ini 4.000 barista tapi yang diterima hanya seribuan lebih, yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Sumatera, dari Kalimantan, dari Sulawesi dan lain-lain," kata Aher.

Menurut salah seorang barista asal Bandung Derry Setiawan, dirinya mengaku senang bisa ikut dalam ajang Jabar Lautan Kopi yang digelar oleh Pemprov Jawa Barat.

"Senang tentunya, terlebih kegiatan ini meraih rekor dunia. Saya sendiri ikut acara ini sebagai bentuk apresiasi saya terhadap profesi saya, yakni barista," kata Derry.

Ia mengatakan ajang ini bisa menjadi sarana untuk mengedukasi masyarakat terhadap kopi, khususnya kopi asal Jawa Barat agar lebih dikenal lagi.

"Untuk acara ini saya membawa beberapa alat manual brew sedangkan untuk biji kopinya sendiri saya bawa kopi dari Kabupaten Bandung, jenisnya Arabika," jelas Derry.

Pengunjung bisa mencicipi langsung espresso yang diracik oleh Derry secara gratis di meja berukuran sekitar 60 cm x 150 cm .

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER